Pertolongan Pertama saat Tersedak

Teknokra.id - Hai sahabat Teknokra! Kamu pasti pernah kan tersedak? Lalu apa yang kamu lakukan saat tersedak? Kali ini Teknokra.id akan membagikan informasi terkait pertolongan pertama saat tersedak.

Sebelum itu, kamu harus tahu kapan sih tersedak itu bisa terjadi? Tersedak bisa terjadi salah satunya saat kamu berbicara sambil makan. Saat kamu makan sambil berbicara, makanan yang harusnya masuk melewati faring justru masuk ke dalam laring yang merupakan saluran pernapasan. Hal inilah yang memicu tersedak dapat terjadi.

Pertolongan Pertama saat Tersedak

Saat tersedak, kamu pasti merasa panik kan? Lalu apa sih yang harus kamu lakukan? 

1. Pastikan tidak panik

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, ketika kamu tersedak, kamu akan merasa panik. Maka, jika kamu tersedak janganlah panik. Apabila kamu melihat orang lain tersedak, katakan pada mereka agar tidak merasa panik. Dibandingkan panik, alangkah baiknya kamu batuk saja dan jangan ditahan.

2. Jangan minum 

Lain dari yang biasa kamu lakukan bukan? Setiap kali tersedak, kamu pasti akan minum air untuk menenangkan tenggorokanmu. Namun, ternyata hal ini salah. 

Jadi, jangan minum air saat tersedak, tetapi berikan air jika sumbatan sudah keluar. Maksudnya, ketika kamu sudah selesai batuk, barulah kamu boleh meminum air. Jika tidak bisa batuk, arahkan badanmu agar sedikit menunduk. 

3. Tepuk punggung dari bawah ke atas

Seperti yang sering kamu lihat. Ketika kamu tersedak, tepuk-tepuklah punggung dari bawah ke atas sambil agak menunduk.

Nah, itulah cara mengatasi tersedak sekaligus pertolongan pertama saat membantu orang yang tersedak. Bagaimana? Mudah bukan? (Penulis: Dwindy Monica).



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel