Alasan Orang Suka Bertengkar Demi Membela Idola

Teknokra.id - Hai sahabat Teknokra! Kamu pasti pernah kan melihat anak kecil bertengkar dan rebutan mainan? Atau ketika kamu kecil, kamu juga sering melakukan hal yang sama?

Mungkin wajar-wajar saja ketika melihat anak kecil yang bertengkar. Tapi, gimana kalau yang bertengkar adalah orang dewasa? Alasannya cukup aneh dan membingungkan lagi. Yups, ngeributin idola.

Alasan Orang  Suka Bertengkar Demi Membela Idola

Jadi mereka suka ngeributin dan ngaku-ngaku kalau idola mereka yang paling keren. Misalnya saat mengidolakan klub olahraga, artis luar negeri, hingga ke tokoh politik. Bahkan, kalau sudah cukup parah, setiap hari akan berisi ketegangan akibat konflik demi sang idola. Belum lagi jika sudah sampai membanding-bandingkan dan menghina antar satu sama lain.

Contohnya saja ketika fandom A membenci fandom B, mereka akan saling hujat sampai ke media sosial. Wah-wah, padahal idolanya saja berteman antar satu sama lain, masa fansnya justru bertengkar.

Hmm, lalu apa sih yang menjadi penyebab ini bisa terjadi? Yups, semua terjadi akibat adanya "fanatisme". Fanatisme merupakan perilaku berlebihan ketika mendukung dan membela suatu kelompok yang diidolakan.

Fanatisme bisa menjadi suatu hal yang berbahaya loh. Kenapa ya kira-kira? Alasannya cukup jelas, sifat fanatik yang berlebihan itu akan memicu rasa intoleran dengan orang lain. Jika sudah berlebihan, kamu akan cenderung melihat sesuatu hal secara hitam putih dan tidak bisa berpikir secara adil.

Karena suka menganggap pihaknya yang paling benar, mereka akan cenderyng bias akan konfirmasi dan menolak perbedaan. Mereka juga akan membela idolanya mati-matian dan menuruti apa yang idolanya katakan. Parahnya, ketika semula hanya sekedar anti pada idola lain, lama-kelamaan akan memusuhi sampai dengan melakukan penyerangan.

Lalu, kenapa sih orang-orang bisa menjadi fanatik? Alasannya adalah karena sifat atau lingkungan orang yang berbeda-beda. Bahkan, fanatisme juga bisa muncul dari pendidikan. Sistem pendidikan tidak mampu melatih diri kamu untuk berpikir kritis bisa memicu kamu untuk percaya dan menerima begitu saja. Istilahnya seoerti menjadi cinta buta pada idola.

Inilah masalah yang ada di Indonesia. Bertengkar akibat sifat fanatik yang berlebihan. Pertengkaran dan ujaran kebencian mudah banget di temui di jalanan dan juga media sosial. Yang awalnya teman bisa menjadi musuh hanya karena meributkan idola.

Jadi, kalau punya idola itu yang wajar-wajar saja ya guys. Ingat, setiap orang punya pilihan masing-masing. Tidak ada gunanya untuk baku hantam sampai menghina orang lain. Dalam menyukai sesuatu, tidak ada kata benar dan salah. Dan yang harus kamu lakukan adalah lebih dewasa untuk menghadapinya (Penulis: Dwindy Monica).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel