Ketahui Sadness Paradox Ketika Mendengarkan Lagu Sedih tapi Bikin Nagih

Teknokra.id - Hayoo siapa nih yang demen atau suka banget dengerin lagu sedih yang bikin galau? Siapa nih yang playlist lagu-lagunya patah hati? Yukkk angkat tangannya!

Lagu yang bernuansa sedih ini tuh emang memiliki daya tarik tersendiri ya. Meskipun keadaan diri kita sebenarnya tidak sedang galau, tapi kalo dengerin lagu sedih gitu pasti bawaannya pengennya mewek dipojokkan yaa ehehehe....

Ketahui Sadness Paradox Ketika Mendengarkan Lagu Sedih tapi Bikin Nagih

Ibaratnya nih yaa, ketika kamu lagi dengerin lagu sedih, langit yang tadinya cerah secerah masa depan kamu, eh tiba-tiba langsung jadi mendung. Sebenarnya keadaan hidup sedang baik-baik saja, tapi kok berasa kayak lagi putus cinta. Terlebih lagi nih, kalau cuaca lagi hujan, waduhh bisa mellow jadinya.

Setiap mendengarkan lagu sedih, pasti terbawa emosinya kayak ada perasaan perih dan tersayat-sayat gitu hatinya. Tapi meskipun demikian, dengerin lagu sedih kok malah bikin nagih yaa?

Nah, ternyata fenomena ini dinamakan Sadness Paradox. Kondisi ketika kamu suka menikmati lagu sedih atau mendapatkan rasa senang dan nyaman saat mendengarkan lagu sedih. Saat kamu menangis, tubuh akan menghasilkan hormon yang identik seperti ibu menyusui, yaitu prolaktin yang dapat membuat kamu menjadi lebih tenang. Dari fenomena ini juga, bisa membuat kamu selalu merasakan nostalgia.

Apa sih sebenarnya yang bikin perasaan berubah ketika mendengarkan lagu? Ternyata tidak ada satu pun area di otak yang bertanggung jawab untuk memproses masuknya musik, loh!

Meskipun demikian, hasil scan menunjukkan ada banyak area dan jaringan saraf di otak yang aktif ketika kamu mendengarkan musik. Nah, area yang aktif ini berkaitan dengan ingatan dan emosi seseorang. Pantas saja yaa kalau musik ternyata bisa mengatur emosi seseorang. 

Kalian setuju ga si guys, kalau musik ternyata merupakan cerminan dari keadaan hati dan emosi seseorang? Nah, inilah alasan mengapa disaat kamu lagi sedih, kamu malah lebih memilih untuk mendengarkan lagu sedih dibandingkan mendengarkan lagu ceria. 

Bisa jadi, lagu itu sedang mencerminkan keadaan emosional kamu saat ini. Bukan karena kamu ingin merasakan sedih terus-terusan ya, tetapi karena ada keterkaitannya atau relate banget dengan apa yang saat ini kamu alami. 

Ingat yaa guys suka dengerin lagu sedih itu gak melulu selalu buruk kok! Beberapa penelitian dari psikolog, mendengarkan lagu atau musik sedih justru malah menunjukkan bahwa seseorang memiliki empati yang tinggi. Lagu sedih juga dianggap lebih indah kualitas dan estetikanya. 

Tapi kamu jangan terlalu berlarut-larut ya guys sedihnya, sesekali kamu juga perlu mendengarkan lagu semangat (Penulis: Risa Amelia).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel