Teluk Kenyo, Wisata Alam Bumi Jejama Secancanan

Teknokra.id - Hai sahabat Teknokra! Apa yang biasanya kalian lakukan saat liburan? Apakah hanya di rumah saja atau melakukan perjalanan ke tempat wisata? Jika kalian lebih suka melakukan perjalanan ke tempat wisata, kalian perlu mengetahui lokasi wisata terbaru ini loh!

Diresmikannya Bendungan Way Sekampung di Kabupaten Pringsewu pada 2 September 2021 lalu, membawa berkah tersendiri bagi beberapa desa di sekitarnya. Selain itu, tempat ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk melakukan wisata.

Teluk Kenyo, Wisata Alam Bumi Jejama Secancanan

Setidaknya terdapat empat destinasi wisata baru yang dibuka di sekitar waduk tersebut, salah satunya adalah Teluk Kenyo. Menurut penuturan warga setempat, nama Kenyo berasal dari bahasa Jawa yang berarti ‘gadis atau perawan’. 

Nama ini dipilih untuk memperkenalkan nama Kenyo yang merupakan nama bukit yang berada di waduk tersebut. Teluk Kenyo sendiri berada  dipinggir Bendungan Way Sekampung. Tepatnya  di Pekon Pasir Ukir, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pringsewu. Perjalanan dari kota Bandarlampung menuju Teluk Kenyo dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam. 

Teluk Kenyo memang memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk mengunjungi. Lokasinya yang tepat berada di tepi genangan waduk, menawarkan pemandangan alam yang unik. 

Selain itu, Teluk Kenyo juga menyajikan suasana asri. Sebab, di sekitar Teluk Kenyo masih terdapat banyak pepohonan dan berada di perkebunan sawit. Maka jangan heran jika saung-saung di sekitar Teluk Kenyo berada di bawah pohon sawit.

Untuk masuk ke wisata Teluk Kenyo, pengunjung akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp5.000,-. Fasilitas yang tersedia yakni pondok dan saung, tempat parkir, musala dan toilet. Selain itu, terdapat kolam renang untuk anak-anak yang bisa digunakan dengan membayar biaya tambahan sebesar Rp10.000,-.

Pengunjung yang ingin menikmati keindahan waduk pun bisa menyewa perahu motor yang tersedia. Tarif yang dikenakan untuk naik perahu  pun cukup terjangkau. Pengunjung hanya dikenakan biaya Rp10.000,- per orang dewasa. Dengan harga tersebut, pengunjung sudah akan dibawa berkeliling di sekitar Teluk Kenyo. 

Dengan naik perahu tersebut, pengunjung akan dibawa menjelajah Teluk Kenyo selama 15-20 menit. Melihat panorama alam dari atas air. Melihat pepohonan yang mulai tenggelam oleh air waduk dan hanya menyisakan bagian atas pohon saja. Juga menjelajahi bukit Kenyo dan Goa Kenyo yang sudah tenggelam. 

Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati keindahan jembatan terpanjang di Lampung hingga bendungan dari atas air loh. Pengunjung yang hendak naik perahu pun tidak perlu khawatir soal keamanan, sebab setiap pengunjung yang akan menyewa perahu akan diberikan pelampung dan ditemani oleh seorang penjaga.

Bukan hanya menjelajah alam, pengunjung juga bisa memancing di area waduk tersebut. Tidak sendiri, tentu pengunjung akan tetap didampingi oleh penjaga wisata setempat.

Gimana sobat, seru banget kan? Kamu bisa nih memasukan Teluk Kenyo ke list tempat wisata yang akan kamu kunjungi untuk liburan nanti. Semoga bermanfaat (Penulis: Sandra Puspita).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel