Mengenal AU di Twitter, Fanfiction yang sedang diminati Netizen

Teknokra.id - Halo sahabat Teknokra! Siapa nih yang suka kekorea-koreaan? Buat kamu yang K-popers dan suka main tweet, pasti udah ngga asing dong sama yang namanya AU? 

Itu lho, fanfiction yang karakternya kayak Haechan, Jaehyun, Mark Lee, dan lainnya. Eits, buat kamu yang masih asing sama istilah AU, tenang aja, aku bakal kasih penjelasannya di bawah ini! Simak, ya >__<

Mengenal AU di Twitter, Fanfiction yang Sedang Diminati Netizen

Fanfiction adalah sebuah cerita fiksi yang dibuat oleh para penggemar untuk mengekspresikan kekaguman atau kesenangan mereka terhadap suatu hal. Biasanya fanfiction dibuat berdasarkan kisah, karakter, atau latar yang sesuai dengan artis atau publik figur favorit. 

Fanfiction berlaku untuk film, komik, novel, dan karakter lainnya. Plot atau alur yang ada dalam fanfiction adalah hasil imajinasi penggemar. Dengan plot inilah, penggemar bebas mengekspresikan dan berimajinasi mengenai karakter yang akan ditulisnya.

Popularitas fanfiction kian meroket tatkala minat netizen terhadap budaya Korea ataupun K-popnya semakin tinggi. Fanfiction yang biasanya berseliweran di platform media seperti Wattpad, kini merambah ke dunia Twitter. Hanya bermodalkan mengetik “au tweet” di kolom pencarian, maka fanfiction dengan berbagai artis dan karakter akan muncul.

AU merupakan singkatan dari Alternate Universe. Di Twitter, biasanya AU dibuat dengan situasi dan kondisi tokoh yang berbeda. Tokoh-tokoh dalam cerita AU digambarkan sebagai warga negara lain dan akan diberikan nama lokal seolah menjalani kehidupannya di Indonesia.

AU di twitter umumnya dibuat dengan menampilkan hasil tangkapan layar dan memperlihatkan suatu obrolan atau chatting. Namun, ada pula yang dilengkapi narasi yang bertujuan untuk membangun atau menguatkan cerita yang sedang dibuat. Sering dijumpai, AU di Twitter juga disisipi dengan foto dari karakter yang akan dikisahkan. 

Genre AU tidak berbeda dengan cerita fiksi pada umumnya. Mulai dari komedi, romantis, horor, thriller, hingga angst. Angst adalah genre di mana plot yang digunakan dalam cerita mengandung alur yang sedih sehingga menguras emosi pembaca.

Selain sering menyeret nama idol K-Pop sebagai karakter, artis non K-Pop juga bisa dipakai sebagai karakter dalam sebuah cerita AU. Seperti musisi barat, karakter film, anime, maupun aktor Hollywood sekalipun. Karakter dan tokoh yang dipakai disesuaikan dengan minat dan kebutuhan penulis.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan, apa itu AU yang saat ini ramai diperbincangkan dan diminati oleh netizen? Buat kamu yang penasaran, bisa banget langsung meluncur ke Twitter! (Penulis: Nadila Wulandari).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel