Manfaat Mandi Air Hangat

Teknokra.id – Mandi merupakan salah satu kegiatan penting untuk hidup kita. Hal yang paling penting dari mandi adalah kita dapat membersihkan tubuh kita dari berbagai bakteri dan kotoran yang ada.

Coba kamu bayangkan jika kita tidak mandi selama satu hari atau lebih, pasti badan terasa gatal, lengket, dan bau kan? Oleh karena itu, kita tidak boleh malas untuk mandi setiap harinya demi menjaga tubuh kita dari bakteri dan kotoran yang ada.

Manfaat Mandi Air Hangat

Pada umumnya orang mengklasifikasikan kegiatan mandi oleh dua macam, yaitu mandi air hangat dan mandi air dingin yang di mana keduanya memiliki manfaatnya masing-masing. Namun kali ini, Teknokra.id akan merangkum beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan jika mandi menggunakan air hangat.

1. Menurunkan resiko serangan jantung

Manfaat pertama yang akan kamu dapatkan jika mandi dengan air hangat adalah mampu menurunkan resiko serangan jantung. Jika kamu adalah orang yang memiliki riwayat penyakit jantung, mandi air hangat adalah pilihan yang tepat. Tekanan dari temperatur yang diberikan dari air hangat ketika mengenai bagian dada dapat meningkatkan kapasitas paru-paru sehingga tubuh mampu menerima lebih banyak oksigen yang masuk. Efek relaksasi yang dihadirkan ketika mandi air hangat juga dapat menurunkan resiko serangan jantung.

2. Meningkatkan kualitas tidur

Masih ingat efek relaksasi mandi air hangat untuk menurunkan resiko serangan jantung? Nah, selain menurunkan resiko serangan jantung ternyata efek relaksasi dari mandi air hangat juga bermanfaat meningkatkan kualitas tidur juga. 

Studi terbitan Sleep Medicine Reviews menemukan mandi air hangat selama 90 menit sebelum tidur mampu membuat seseorang lebih cepat tertidur. Hal ini dikarenakan temperatur hangat pada air ketika mandi dapat memengaruhi inti suhu tubuh menjadi ikut hangat atau meningkat dari normalnya. Kemudian, ketika badan tidak mendapatkan temperatur hangat kembali yang berasal dari mandi air hangat, maka inti suhu tubuh juga ikut menurun. Adanya penurunan inti suhu tubuh dari tinggi ke rendah menciptakan peregangan atau relaksasi pada tubuh sehingga Anda dapat merasakan kantuk setelah mandi air hangat.

3. Mengurangi rasa sakit pada tubuh

Jika Anda memiliki keluhan rasa sakit ataupun nyeri otot pada tubuh, mandi air hangat dapat Anda lakukan sebagai upaya meredakan rasa sakit pada tubuh. Mandi air hangat dapat membuat otot-otot tubuh menjadi relaksasi dan meregang, sehingga rasa nyeri otot atau tubuh dapat sedikit mereda. 

4. Mengurangi rasa sakit kepala

Manfaat mandi air hangat berikutnya adalah mampu mengurangi rasa sakit kepala. Air hangat yang terkena tubuh, dapat melancarkan peredaran darah yang mulanya tersumbat, pada kasus ini penyumbatan darah terjadi di bagian kepala. Oleh karena itu, darah yang tersumbat di kepala dapat lancara kembali peredarannya karena air hangat yang membasahi bagian kepala.

5. Melegakan hidung yang pilek

Jika kamu merasa tidak enak badan dan hidung terasa tersumbat tidak nyaman karena pilek, mandi air hangat adalah salah satu upaya penyembuhannya. Sama halnya dengan peredaran darah yang tersumbat, lendir yang tersumbat di dalam hidung juga dapat dilancarkan kembali dengan mandi air hangat. Uap panas yang dihasilkan oleh air mampu mencairkan lendir yang tersumbat di dalam hidung, sehingga bernapas lebih mudah dilakukan.

6. Mengurangi stres berlebih

Selain kesehatan anggota fisik tubuh, ternyata mandi air hangat juga bisa menjaga kesehatan psikologi seseorang agar tidak mudah stres loh! Seseorang yang mengalami stres berlebih, pada umumnya akan merasa gelisah dan tidak nyaman. Rasa stres tersebut timbul dari alam pikiran seseorang yang merasakan beban yang sulit untuk direda. Mandi air hangat dapat menjadi solusi untuk mengurangi rasa stres berlebih tersebut. Air hangat yang terkena tubuh dapat me-relaksasikan otot-otot, aliran darah, hingga jalan pikiran yang sebelumnya tegang atau tidak lancar, menjadi lancar kembali. Namun begitu, Anda juga perlu konsultasi dengan dokter yang ahli dalam menangani psikologi juga.

7. Membuat perasaan menjadi tenang

Sama halnya dengan upaya mengurangi stress berlebih, mandi air hangat juga memiliki fungsi untuk menciptakan suasana perasaan yang lebih tenang. Perasaan yang dimaksud adalah keadaan hati dan pikiran yang lebih positif ketika habis mengalami kericuhan, misalnya. 

8. Membuat pori-pori kulit lebih terbuka

Manfaat yang terakhir dari mandi air hangat adalah mampu membuat pori-pori kulit lebih terbuka. Sebelumnya, pori-pori kulit yang tertutup atau tersumbat dapat menyebabkan penumpukan bakteri dan racun di kulit.

Ketika Anda mandi air hangat, uap panas yang dihasilkan dapat membantu pori-pori lebih terbuka karena efek peregangan pada kulit ketika terkena air hangat. Ketika pori-pori terbuka, bakteri dan racun yang menumpuk dapat lebih mudah dibersihkan, sehingga kesehatan kulit dapat lebih terjaga.

Nah, bagaimana? Cukup banyak yaa manfaat dari mandi air hangat. Jika kamu tertarik kamu boleh mencoba mandi dengan air hangat (Penulis : Fauzan Muhammad Al Hazmi).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel