Kiat Sukses untuk Pejuang Lintas Jurusan

Teknokra.id - Masa perkuliahan merupakan masa yang paling krusial. Bagaimana tidak? Karena setelah kuliah, kita akan melanjutkan untuk mencari pekerjaan, guna menunjang masa depan tiap individu. 

Oleh karena itu, masa ini sangat penting bagi seseorang. Banyak orang yang berlomba-lomba untuk mendapatkan nilai yang tinggi serta pengalaman yang banyak guna menunjang curriculum vitae mereka.

Kiat Sukses untuk Pejuang Lintas Jurusan

Memilih jurusan merupakan salah satu cara yang sangat diperlukan sebelum kamu memasuki dunia perkuliahan. Karena, jika kamu salah memilih jurusan, maka kamu sendiri yang akan kesulitan dalam menjalani masa bangku kuliah. Sehingga, kamu akan malas-malasan dalam kuliah, karena kamu merasa jurusan yang kamu pilih tidak sesuai dengan passion yang kamu mau. Sehingga, dampak akan berujung pada nilai akademis perkuliahan yang buruk.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa pada masa Sekolah Menengah Atas (SMA), terdapat 3 jurusan peminatan yang bisa dipilih siswa-siswinya, yakni IPA, IPS, dan juga bahasa. Siswa-siswi pun bisa memilih sesuai keinginan dan juga dengan memperhatikan prospek kerja jangka panjang.

Namun, terkadang dari masa SMA pun, sudah banyak sekali yang merasa salah jurusan dan mereka memutuskan untuk memilih lintas jurusan (linjur) sebagai pilihan untuk melanjutkan perkuliahan. Lintas Jurusan merupakan salah satu pilihan bagi kamu yang salah jurusan, sehingga nanti di dunia perkuliahan kamu bisa merasa enjoy dalam menjalankan masa perkuliahan. 

Namun, tidak mudah bagi kamu juga lho, untuk lintas jurusan, karena pasti kamu akan mempelajari hal baru yang belum kamu ketahui sebelumnya, sehingga kamu harus belajar dari dasarnya kembali. Jadi kamu perlu effort lebih untuk bisa sukses lintas jurusan.

Berikut adalah tips bagi kamu pejuang linjur yang ingin sukses masuk ke Perguruan Tinggi Negeri dan jurusan impian kamu.

1. Pelajari Materi Sejak Jauh Hari

Sebagai pejuang linjur, kamu perlu mempersiapkan banyak hal agar bisa sukses di linjur. Salah satunya, yakni dengan belajar yang notabene materinya seabrek jadi kamu perlu belajar secara maksimal agar kamu bisa memahami materi dengan baik, dan bisa sukses sebagai pejuang linjur.

2. Perbanyak Latihan Soal

Setelah kamu mempelajari materi yang sudah kamu pelajari, kamu bisa banyak latihan soal. Dengan memperbanyak latihan soal, maka kamu akan terbiasa dalam mengerjakan pola-pola soal yang sama dengan penyajian yang berbeda, sehingga kamu lebih paham dan siap dalam mengerjakan soal-soal lintas jurusan. Kamu bisa latihan soal, dengan referensi dari buku ataupun dari internet, kemudian di print out sebagai bahan ajarmu.

3. Mencari Tahu Passing Grade Jurusan Impian

Sebelum memilih jurusan yang kamu impikan, pentingnya kamu mengetahui passing grade nya. Pentingnya mengetahui passing grade, agar kamu bisa mengetahui peta persaingan dengan sesama peminat jurusan, untuk menjadi patokan kamu dalam memilih jurusan, dan juga sebagai motivasimu dalam belajar agar memacu semangatmu untuk bisa lebih giat dalam mengejar jurusan dan Perguruan Tinggi Negeri favoritmu.

Mungkin itu tips yang bisa kamu lakukan sebagai pejuang linjur, sebelum kamu mengambil keputusan untuk lintas jurusan saat memasuki dunia perkuliahan. Semoga bisa bermanfaat dan membantu ya friends. Semangat! (Penulis: Fajar Hendra Jaya).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel