Etika untuk Menghargai Privasi Orang Lain yang Wajib Kamu Ketahui

Teknokra.id - Mungkin hal-hal yang biasanya kamu anggap sepele, tetapi bisa jadi itu hal penting untuk menghargai privasi orang lain yang berada di sekitar kamu lho.  Apa sih privasi itu?

Privasi bisa diartikan sebagai hal-hal yang menyangkut pribadi seseorang dan cukup diketahui oleh orang itu sendiri. Singkatnya, privasi dianggap sebagai kehidupan pribadi orang tersebut. Nah, karena itu privasi seseorang harus bisa dijaga atau cukup kamu ketahui jika mereka menceritakannya padamu.

Etika untuk Menghargai Privasi Orang Lain yang Wajib Kamu Ketahui

Tetapi, ada kalanya orang lain berusaha mengorek privasi seseorang. Hal ini tentu saja bisa membuat orang tersebut merasa waspada dan risih. 

Nah, supaya orang lain percaya, tidak trust issue atau merasa tersinggung terhadap kamu. Yuk kita cari tahu apa aja si etika untuk menghargai privasi orang lain yang wajib kamu ketahui!

1. Jangan memotret dan mem-videokan seseorang tanpa izin terhadap yang bersangkutan

Apabila kamu berada di suatu tempat dan ingin mengabadikannya, yang mana pada objek tempat yang ingin kamu abadikan ada seseorang. Maka, sebaiknya kamu meminta izin terlebih dahulu kepada yang bersangkutan. Terlebih lagi jika kamu sampai memosting ke media sosial tanpa sepengetahuannya. Mungkin hal ini akan terlihat sepele, tetapi orang tersebut akan merasa privasinya diganggu.

2. Meminjam laptop teman sebaiknya sesuai dengan kebutuhan

Ketika kamu meminjam laptop teman, sebaiknya kamu jangan kepoin hal apapun yang ada di dalam laptop tersebut tanpa sepengetahuannya. Misalnya, membuka chat, foto-foto, e-mail, dan file-file yang bukan milik kamu, apalagi file tugas ya hehehe... Dikarenakan akan membuat privasi orang tersebut merasa terganggu dan hal tersebut merupakan etika yang tidak sopan.

3. Jangan suka terlalu ingin tahu isi Handphone orang lain

Jika kamu meminjam handphone kepada orang lain sebaiknya gunakan seperlunya saja dan tetap dipantau oleh pemilih handphone tersebut. Misalnya, ketika dia menunjukkan chat, maka kamu meminta dia saja yang scroll layar handphone-nya sendiri. 

Selain itu, jika dia memperlihatkan foto yang ada di dalam handphone-nya, sebaiknya kamu jangan swipe ke kanan kiri tanpa seizinnya. Mungkin kamu pernah kepo banget ya sama isi handphone orang lain, tapi jangan sesekali kamu buka handphone orang lain tanpa seizin dan sepengetahuannya yaa. Dikarenakan kamu gak akan tahu misalnya ada foto berikutnya yang sifatnya sensitif "I not for public".

4. Jangan bertanya terkait gaji atau penghasilan seseorang sampai terlalu detail

Jangan bertanya terkait gaji atau penghasilan seseorang, apalagi sampai kamu memintanya untuk menyebutkan nominal. Terlebih lagi jika kamu tidak terlalu mengenalnya, tetapi kamu hanya ingin tahu atau kepo saja. Hal ini jangan sampai kamu tanyakan yaa kepada seseorang, dikarenakan hal ini merupakan hal yang sangat sensitif dan tidak sopan.

5. Jangan menyebarkan chat pribadi atau chat e-mail sembarangan

Jika kamu ingin membagikan chat pribadi kamu dengan seseorang melalui postingan insta story, sebaiknya kamu izin terlebih dahulu kepada yang bersangkutan. Dikarenakan bisa jadi lawan bicara kamu gak mau obrolan itu dibaca oleh orang lain, terlebih lagi sampai kamu unggah ke media sosial.

6. Jangan memanggil teman kamu dengan julukan yang kurang baik

Sebaiknya kamu jangan memanggil teman kamu dengan julukan yang kurang baik. Terlebih lagi, jika kamu berada ditempat yang baru dan ramai. Selain itu, kamu jangan memanggil seseorang yang lebih tua dari kamu dengan sebutan namanya, ada baiknya kamu memanggilnya dengan sapaan seperti, pak, bu, kak, dan sebagainya. Di samping itu, sebaiknya kamu jangan menceritakan hal-hal yang kurang baik di masa lalunya meskipun tujuan kamu hanya untuk bercanda dan seru-seruan saja.

Nah jadi gimana guys, sekarang udah tahu kan etika apa saja yang wajib kamu ketahui untuk menghargai privasi orang lain. Meskipun etika di atas sering dianggap sepele, tetapi hal ini sangat penting lho untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Walaupun kamu memiliki wajah yang ganteng atau cantik, tetapi kamu tidak memiliki etika, maka kamu akan dianggap oleh orang lain sebagai orang yang tidak baik atau tidak beretika.

Jadi jangan sepelekan etika di atas ya guys di manapun, kapanpun, dan dengan siapapun kamu berada. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan kita semua yaa... Stay Safe, Stay Healthy, and Keep Fighting guyss...(Penulis: Risa Amelia).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel