Etika yang Tepat untuk Memberikan Nasihat pada Orang Lain Tanpa Menjatuhkan Mentalnya

Teknokra.id - Halo sahabat Teknokra! Kamu pernah gak sih ingin menasihati orang lain, tapi malah takut dia jadi tersinggung dan tertekan? 

Memberikan nasihat terhadap orang lain itu memang baik ya, tujuannya supaya orang tersebut bisa introspeksi diri. Namun, tentunya dengan cara yang baik dan tepat yaaa, dan tanpa menjatuhkan mentalnya. 

Etika yang Tepat untuk Memberikan Nasihat pada Orang Lain Tanpa Menjatuhkan Mentalnya

Nasihat bisa diartikan sebagai anjuran seperti petunjuk, peringatan, dan teguran yang dilakukan menggunakan cara yang baik. Nah, dalam menasihati orang lain itu juga harus ada etikanya loh!

Supaya orang yang kamu nasihati tidak merasa tersinggung dan tertekan, kamu wajib mengetahui apa aja sih etika yang tepat untuk memberikan nasihat terhadap orang lain tanpa menjatuhkan mentalnya? Berikut ini Teknokra.id telah merangkumnya. Yuk disimak!

1. Coba menasihati orang lain di tempat private atau secara face to face

Menasihati orang lain di tempat yang private atau pribadi dan secara face to face bisa membuat nasihat yang kamu utarakan terhadap orang tersebut tidak didengar oleh orang lain. Jadi, hal ini tentu saja akan membuat orang tersebut tidak merasa rendah diri dan juga tidak merasa dipermalukan atas kesalahannya tersebut.

2. Menghindari hal yang dapat menyudutkan orang lain

Jika kamu ingin menasihati orang lain, cukup dengan utarakan saja kesalahannya dan alasan kamu menasihatinya. Tentunya dilakukan dengan cara yang baik yaaa. Jangan membesar-besarkan masalah dengan membahas kesalahannya secara terus menerus. Jadi, hal ini akan membuat orang tersebut tidak merasa tersinggung dan tidak merasa disudutkan.

3. Menasihati dengan menggunakan nada dan bahasa yang baik dan sopan

Ketika kamu ingin menasihati orang lain, sebaiknya menggunakan nada yang rendah dan bahasa yang baik juga sopan yaaa. Dengan begitu, orang tersebut tentunya akan cepat menerima nasihat yang kamu berikan.

4. Memberikan pujian setelah menasihati

Setelah kamu memberikan nasihat terhadap orang lain, maka cobalah untuk memberikan pujian juga. Dengan demikian, selain menerima nasihat, tentunya dari pujian tersebut akan membuatnya semakin semangat.

Nah, demikianlah etika yang tepat untuk memberikan nasihat terhadap orang lain tanpa menjatuhkan mentalnya. Jangan sampai kamu anggap sepele yaa! Karena menjaga perasaan orang lain dari apa yang kita katakan itu juga penting.

Semoga artikel ini bisa membantu mengubah caramu menjadi lebih bijak dalam menasihati orang lain. Jangan lupa di-share yaa supaya semakin banyak yang tau! Stay safe, stay healthy, and keep fighting guys (Penulis: Risa Amelia).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel