Etika Chat Dosen yang Perlu Kamu Ketahui

Teknokra.id - Hai sahabat Teknokra! Sebagai mahasiswa kalian pasti akan sering menghubungi dosen kan. 

Apalagi saat kuliah daring, pastinya menghubungi dosen lewat chat akan sering kamu lakukan. Lalu, bagi kalian mahasiswa baru pasti banyak yang masih belum tahu kan etika untuk menghubungi dosen? 

Etika Chat Dosen yang Perlu Kamu Ketahui

Jadi, apa aja sih etika yang baik untuk menghubungi dosen? Berikut adalah etika yang perlu kamu ketahui sebelum menghubungi dosen.

1. Salam

Yups, pertama adalah mengucapkan salam. Dengan mengucapkan salam, dosen akan menilai kesopananmu ya. Biasanya dosen ada yang mempermasalahkan hal ini, ada juga yang tidak. Namun, kebanyakan dosen akan mengingat si mahasiswa tersebut sebagai mahasiswa yang kurang sopan. Jadi, jangan lupa salam ya! 

2. Menyertakan identitas

Selanjutnya adalah menyertakan identitas. Yups, kamu harus memperkenalkan diri kamu. Sertakan nama lengkapmu lalu kelas/jabatanmu. Jika perlu, kamu juga bisa menyertakan NIM kamu. Intinya adalah perkenalkan dirimu dengan baik. Karena dosen tidak akan merespon pesanmu jika beliau tidak tahu siapa yang menghubunginya.

3. Sampaikan maksudmu

Selanjutnya adalah sampaikan maksudmu dengan jelas. Apa tujuanmu menghubungi dosen tersebut. Jelaskan serinci mungkin apa yang ingin kamu tanggapi atau kamu tanyakan. Tapi jangan lupa juga harus dengan tata bahasa yang sopan dan enak di baca ya.

4. Perhatikan penulisan

Maksudnya adalah kamu harus memperhatikan penulisanmu. Selain sopan dan enak di baca, usahakan jangan menulis dengan di singkat. Tulislah dengan bahasa yang jelas dan baku. Jangan gunakan bahasa gaul yang sering kamu pakai saat mengobrol dengan temanmu.

5. Perhatikan waktu

Ini adalah yang paling penting. Bagi kalian mahasiswa baru yang punya urusan mendesak, biasanya langsung tancap gas menghubungi dosen terkait. Kalian akan berpikir selama kalian sopan maka itu sah-sah saja. Namun, hal ini tidak benar ya. Waktu yang baik untuk menghubungi dosen adalah jam kerja, mulai sekitar pukul 7 atau 8 pagi sampai dengan pukul 4 sore. Kalian juga bisa menghubungi lewat dari jam tersebut. Batas maksimal menghubungi dosen biasanya adalah pada pukul 8 malam. Jangan lewat dari waktu tersebut ya. Karena dosenmu juga butuh istirahat. Jika mendesak, kamu bisa menghubungi keesokan harinya di pagi hari.

6. Gunakan foto profil

Jika kamu menghubungi lewat media chat, pastikan menggunakan foto profil ya. Kadang kala ada dosen yang tidak mau membuka pesanmu jika tidak menggunakan foto profil. Foto profil di sini itu foto wajahmu yang jelas ya. Jangan gunakan foto orang lain, pacar ataupun animasi.

7. Maaf dan terima kasih

Jangan lupa sertakan maaf ya. Seperti maaf karena telah mengganggu waktunya. Satu lagi, jangan lupa mengucapkan terima kasih juga ya.

Nah, itulah dia etika chat dosen yang perlu kamu ketahui. Semoga bisa membantumu agar tidak ragu saat menghubungi dosen ya (Penulis: Dwindy Monica).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel