Cara Merawat Rambut agar Tetap Sehat

Teknokra.id - Rambut adalah salah satu organ yang tumbuh pada manusia dan hewan, khususnya hewan mamalia. Rambut dapat muncul di permukaan terluar kulit (epidermis). 

Rambut harus dirawat dengan baik agar dapat tumbuh dengan sehat. Dalam merawat rambut tetap sehat diperlukan bahan-bahan herbal maupun non-herbal agar rambut tidak berketombe, berminyak, dan bau.

Cara Merawat Rambut agar Tetap Sehat

Berikut cara merawat rambut kamu agar tetap sehat.

1. Mengenali jenis rambut

Sebelum jauh ke dalam penjelasan terkait cara merawat rambut, mengenali jenis rambutmu sangatlah penting. Ada beberapa macam jenis rambut yaitu normal, berminyak, dan kering. Rambut kering ditandai dengan rontok dan mudah patah, rambut berminyak ditandai dengan mudah kusam dan lepek, sedangkan jenis rambut normal ditandai dengan minimnya rambut rontok dan dan ketombe.

2. Membeli produk perawatan rambut yang tepat

Sesudah mengenali jenis rambut, kamu perlu untuk membeli produk-produk perawatan rambut yang tepat agar fungsi produk tersebut berjalan dengan baik. Hindari membeli produk yang memiliki bahan keras seperti ammonium lauryl sulfate atau sodium lauryl sulfate karena dapat merusak kulit kepala.

3. Mencuci rambut secara teratur 

Salah satu tips merawat rambut tetap sehat yaitu mencuci rambut secara teratur, bukan setiap hari. Ternyata mencuci rambut setiap hari tidak bagus, karena dapat membuat rambut dan akarnya menjadi sensitif loh! Dilansir dari klikdokter.com, mencuci rambut setiap hari dapat menyebabkan rambut menjadi kering, bercabang, dan mudah lepek.

4. Mengeringkan rambut secara alami

Mengeringkan rambut menggunakan hairdyer memanglah praktis dan mudah. Namun, hal ini menjadikan akar rambut rusak dan mengembang. Akan lebih baik mengeringkan rambut secara alami yaitu menggunakan handuk, tetapi jangan terlalu keras menggosoknya karena dapat merusak kutikula rambut.

5. Mengonsumsi makanan yang bergizi

Setelah melakukan perawatan, untuk lebih memaksimalkannya yaitu mengonsumsi makanan-makanan yang bergizi. Rambut tersusun dari asam amino dan protein. Oleh karena itu, kamu perlu banyak mengonsumi makanan yang kaya akan protein seperti tempe dan tahu. Selain itu sayur-sayuran yang hijau juga dapat menjaga rambut tetap sehat.

Nah, itulah dia beberapa cara yang telah Teknokra.id rangkum untuk merawat rambutmu agar tetap sehat. Jangan lupa diterapkan ya! (Penulis: Pria Budi Tobing).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel