Cara Ampuh Usir Kecoa dengan Bahan Alami

Teknokra.id - Kecoa menjadi hama yang kotor dan sangat menyebalkan untuk dibasmi. Kebanyakan orang merasa geli dan jijik dengan hewan bersayap ini. 

Kecoa biasanya bersarang di dapur terutama di bagian-bagian gelap yang sulit dibersihkan. Sisa-sisa makanan yang tidak dibersihkan menjadi tempat yang nyaman untuk mereka berkembang biak. Selain di dapur, Kalian juga bisa menemukan kecoa di bagian-bagian gelap rumah lainnya seperti loteng, saluran air, atau bahkan di bawah ranjang.

Cara Ampuh Usir Kecoa dengan Bahan Alami

Kalian biasanya menggunakan pestisida berbahan dasar zat kimia untuk mengusirnya. Namun, selain harga pestisida yang mahal di pasaran, bahan ini juga berbahaya bagi kesehatan. Untuk itu, cobalah menggunakan bahan-bahan alami di bawah ini untuk membasmi musuh yang satu ini.

1. Daun Salam

Daun salam adalah bahan yang ampuh untuk mengusir kecoa karena memiliki aroma alami yang dibenci oleh kecoa. Selain itu, daun salam mudah ditemukan kalian pasti memilikinya di rumah masing-masing. 

Cara menggunakan bahan ini cukup mudah. Kalian bisa langsung meletakkan beberapa helai daun salam di tempat tempat yang sering dilalui kecoa. Atau untuk lebih efektif, kalian bisa membuat bubuk daun salam dengan cara menumbuk daunnya yang telah dikeringkan sebelumnya. Untuk kemudian ditaburkan di tempat gelap atau menjadi sarang kecoa.

2. Lemon

Bahan selanjutnya yaitu buah lemon. Buah yang memilih rasa kecut ini bisa langsung dipakai untuk mengusir kecoa dengan cara mencampurkan air perasan buah lemon dengan air. Masukkan campuran ini ke botol penyemprot. Lalu, semprotkan ramuan ini ke area yang sulit dijangkau yang sangat disukai kecoa. Selain itu, rumah jadi memiliki pewangi alami dengan wangi khas lemon.

3. Bubuk Bawang Putih

Bumbu dapur satu ini juga dapat kalian manfaatkan untuk mengusir kecoa. Cukup taburkan bubuk bawang putih di tempat mereka biasanya berkeliaran. Kalian juga bisa menambahkan bubuk bawang bombai untuk menghasilkan pengusir yang sangat tajam.

4. Kayu Manis dan Cengkeh

Dua bumbu ini memiliki aroma yang sangat dibenci kecoa. Bubuknya bisa kalian taburkan di sudut-sudut ruangan. Namun, jika tidak memiliki bubuknya, kalian juga dapat meletakkan beberapa potongan kayu manis dan cengkeh dibagian rumah yang sering didatangi kecoa.

Namun, kedua bahan ini aromanya dapat memudar, dan membusuk jika terlalu lama diletakkan di tempat yang lembab. Ganti kedua bahan ini secara berkala, karna bahan yang telah membusuk nantinya malah akan mendatangkan serangga lainnya.

5. Cuka dan Minyak Peppermint

Kebanyakan serangga tidak menyukai aroma dari dua bahan ini. Kalian bisa menjadikannya sebagai bahan yang ampuh untuk mengusir hama kecoa. Cukup campurkan kedua bahan ini dan masukkan ke botol penyemprot. Semprotkan ke sudut-sudut lantai dan celah-celah yang ada di rumah. Maka kecoa akan menjauhi rumah kalian

6. Perangkap Kecoa dari Soda Kue dan Gula

Sekarang selain bahan alami di atas, kalian juga bisa membuat perangkap kecoa yang mudah dibuat. Ambil piring kecil, lalu campurkan soda kue dan gula dengan perbandingan 1:1. 

Kemudian taruh wadah kecil lain berisi air di dekatnya. Aroma manis dapat menarik kecoa untuk memakan campuran ini. Begitu mereka meminum air di sampingnya, air akan bereaksi dengan soda kue menghasilkan gas karbon dioksida. Kecoa akan mengalami kebuncitan dan akhirnya mati.

7. Perangkap Lakban dengan Umpan

Cara membuat perangkap ini sangat mudah. Potong lakban berukuran besar dari gulungan dengan panjang kira-kira 30 cm. Lipat bagian ujungnya membentuk segitiga untuk memudahkan mengangkatnya.

Untuk umpannya, kalian bisa menggunakan makanan manis atau yang berlemak misalnya sebongkah kecil keju atau selai kacang. Taruh dibagian tengah dari lakban. Hindari menggunakan cairan manis karena cairan ini akan membuat lakban tidak lengket.

Nah itu tadi beberapa cara ampuh untuk mengurangi populasi kecoa di rumah. Kalian bisa menggunakan salah satu cara atau lebih untuk hasil yang lebih maksimal. Selain itu, menjaga kebersihan rumah menjadi hal yang wajib. Selamat mencoba! (Penulis : Antuk Nugrahaning Pangeran).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel