Alasan Kamu Sering Lupa Mau Ngomong Apa

Teknokra.id - Sering gak sih saat kita siap-siap mau ngomong sesuatu, tiba tiba kita jadi susah banget mau ngucapinnya? Padahal rasanya tadi kan udah ada pikiran kita?

Lalu, kenapa itu bisa terjadi? Apakah itu tanda-tanda kita udah mulai pikun?

Alasan Kamu Sering Lupa Mau Ngomong Apa

Pada dasarnya, lupa mau ngomong apa itu bisa saja terjadi karena perhatian kita teralihkan walau hanya selama beberapa detik saja. Dan ternyata menurut penelitian, lupa mau ngomong apa itu semakin besar peluangnya kalau kita lagi berjalan dari satu ruangan ke ruangan lain atau istilah lainnya The Doorway Effect. 

Jadi kenapa bisa begitu? Alasannya yaitu, otak kita terbiasa menyusun perintah sampai ke detail-detailnya. 

Nah pas buka pintu dan kita pindah ke ruangan lain, otak kita akan di banjiri dengan informasi baru. Itu yang bisa buat otak kita bingung sampai kita lupa mau ngomong apa. Itu juga penyebabnya yang bikin kita lupa mau ngambil apa saat membuka kulkas.

Apakah ini tanda-tanda penyakit pikun? Jawabannya Engga!!

Jangan khawatir, asal ngga lupa nama sendiri sih aman-aman aja. Ternyata fenomena ini bisa dibilang sangat normal dan bukan tanda-tanda kepikunan.

Beda dengan penyakit lupa atau istilah ribetnya Alzheimer, yang muncul karena ada protein-protein yang awalnya menyerang dan menghambat sel bagian otak untuk mengingat yang kemudian menyebar ke seluruh bagian otak lainnya. Sehingga berakibat pada semakin lama orang terkena penyakit ini, maka akan semakin susah untuk mengingat, makin susah mikir, makin susah bergerak,dan ending-nya akan bikin orang itu lupa untuk bernapas.

Nah, jadi intinya ini bukan penyakit yang serius ya. Gimana? Udah lega?

Oke, sekarang kita tau penyebab masalah ini bukan tanda-tanda kepikunan. Meskipun begitu, berlatih mengingat itu penting agar otak kita tetap bugar. Semoga penejelasan dari artikel ini mudah dimengerti ya (Penulis: Rio Sanjaya).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel