Capek Sama Hubungan Toxic Tapi Berat Ngelepasinnya? Coba Lakuin Ini!

Teknokra.id – Banyak orang yang masih terjebak dalam lingkaran hubungan toxic namun berat melepaskannya. Bahkan lebih parahnya sudah tahu lelah menjalani hubungan toxic, masih aja banyak orang yang malah mempertahankan dan memperjuangkan hubungan ini.

Banyaknya alasan yang mendasari orang-orang sulit untuk keluar dari hubungan toxic, diantaranya yaitu karena hubungan yang terjalin sudah lama, sudah dekat dengan keluarga, masih cinta, masih berharap dia akan berubah, dan banyak lagi alasan lainnya.

Capek Sama Hubungan Toxic Tapi Berat Ngelepasinnya? Coba Lakuin Ini!

Buat kamu yang sudah sering tersakiti akibat menjalani hubungan toxic tapi masih sayang jika harus mengakhiri hubungan ini, padahal udah tahu kalau itu semua selalu buat kamu menangis dan patah hati berkali kali. Berikut ini adalah cara yang dapat kamu lakukan untuk menghadapi hubungan toxic.

1. Menimbang apa yang kamu dapatkan dalam hubunganmu

Persepsi yang salah masih sering di lakukan bahwa hubungan bukan hanya soal salah satu pihak memberi terus terusan dan pihak lainnya hanya menerima. Hubungan yang sehat terjadi apabila kedua belah pihak saling melengkapi dengan cara menerapkan prinsip “memberi dan menerima”. Jadi timbangkan kembali apa yang telah kamu berikan kepada pasanganmu.

Dan jangan lupakan juga kamu harus menyadari apa yang telah pasanganmu berikan untuk dirimu. Apabila pasanganmu sering menorehkan luka dan membuat kamu menangis ini waktunya kamu lepas dari dia. Hubungan adalah suatu ikatan yang bahagia, apa jadinya jika hubungan tidak di landasi atas kebahagiaan dan saling pengertian. Oleh karena itu, ini saatnya kamu menimbang apa yang telah dia berikan dalam hubungan kalian, terutama dirimu.

2. Rasakan kembali perasaanmu

Pahami lebih dalam perasaanmu dalam menjalani hubungan ini. Perasaan apa yang kamu rasakan, apakah kamu menjalani hubungan ini merasakan senang, sedih, cemas, aman, atau tidak aman? 

Sewajarnya hubungan yang baik memberikan kenyamanan. Bagaikan rumah, hubungan dengan orang tersayang sejauh apapun jarak memisahkan maka dia akan kembali pulang ke hatimu sebab sudah timbul rasa kepercayaan, yakin, dan saling terbuka antar pasangan.

Berbeda halnya jika salah satu pasangan saling dominan bukan rasa nyaman yang timbul malah ketidak nyamanan yang ada sebab kamu merasa tertekan, akibat seringnya dicurigai dan dituduh macam-macam sehinga jadi over thinking.

3. Sadar jika dirimu berharga

Sadarkah kamu orang yang toxic itu sering buat mental kamu down dengan cara membanding-bandingkan dirimu, menuntut kamu sempurna di matanya, dan harus selalu menaati perintahnya. 

Dan yang buat parah udah tau dibuat tidak nyaman dengan hubungan ini tapi kamu masih tetap mempertahankan dengan alasan masih sayang. Bahkan berpikir kalo kamu tidak akan dapat pasangan sebaik dia. Hey! Sadar dia sedang menghancurkan mentalmu secara perlahan. 

Jadi, mulai kenali kelebihan kamu yaa! Kita sebagai sesama manusia berharga dan berhak bahagia. Dan jangan lupa untuk buka diri kamu kepada dunia. kebahagiaan bukan hanya di tangan dia, kamu berhak menciptakan kebahagiaanmu sendiri.

Kunci agar terlepas dari hubungan toxic ini adalah dirimu sendiri yaa! Dirimu yang bisa memilih langkah selanjutnya dalam hubungan ini. Percuma saja cara diatas ada jika dirimu belum sadar dan niat mengakhirinya. Jadi jangan lupakan kebahagiaan kamu yaa (Penulis : Tiya Riyanti).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel