5 Tips agar Target di Tahun ini Tercapai

Teknokra.id - Tahun 2021 tanpa disadari sudah usai. Namun, target-target ditahun lalu banyak yang tidak tercapai. Baik target dalam urusan finansial, karier, pendidikan, keluarga, dan lainnya. Bisa jadi di sebabkan faktor kesibukan kita selama tahun kemarin atau disebabkan faktor lingkungan dan diri kita sendiri. Hal ini terkadang membuat semangat kita memudar dan merasa target hanyalah perencanaan yang sia-sia.

Jangan berkecil hati, kita selalu memiliki kesempatan untuk berubah. Asal kita mau memperbaharui semangat dan yakin bisa mencapai target yang sudah direncanakan. Berhubung masih di fase awal tahun, inilah moment paling tepat untuk merancang kembali target-target kita di tahun ini. 

5 Tips agar Target di Tahun ini Tercapai

Maka dari itu, sangat penting untuk memiliki strategi agar mendapatkan hasil yang baik. Berikut 5 Tips agar target di tahun ini tercapai.

1. Evaluasi Tahun Lalu

Sebelum kita membuat target di tahun ini. Alangkah lebih baiknya kita mengevaluasi diri kita di tahun lalu. Seperti mengevaluasi hal apa-apa saja yang membuat target kita tidak tercapai. Bisa jadi karena jadwal aktivitas yang terlalu padat atau adanya kelalaian dalam diri kita. Selain itu, kita juga bisa mengevaluasi target tahun lalu tersebut. Bisa jadi target yang dibuat tidak relevan dengan diri kita, sehingga sulit untuk mencapainya.

2. Buat Timeline Pencapaian Target

Setelah kita mengevaluasi dan merancang ulang target kita. Hal yang harus dilakukan adalah membuat timeline. Yang mana setiap target harus ditentukan jangka waktunya, agar kita tidak lalai. Buatlah deadline agar kita termotivasi untuk mengejar target tersebut.

3. Tempel Target di Dinding

Agar tidak lalai atau lupa dengan timeline target kita, penting untuk menulisnya. Supaya lebih termotivasi, visualisasikan target yang sudah dirancang dan tempel di dinding. Mungkin terlihat sepele, tapi jika kita menempel ke dinding, bisa mengantisipasi agar kita tidak lupa. Selain itu, jika ada keluarga yang melihat, bisa membantu mengingatkan.

4. Cari Teman yang Mendukungmu

Bisa jadi, hal yang membuat kita kurang bersemangat mencapai target adalah tidak adanya orang di pihak kita. Sehingga kita merasa sendirian. Maka penting untuk memiliki teman yang mendukung kita. Apalagi jika teman kita peduli dengan rancangan target kita, sehingga bisa menjadi pengingat dan penyemangat.

5. Kontrol Pencapaian Target

Visualisasikan target yang sudah dirancang dan dibuat timeline tiap target. Lalu kontrol  proses kita dalam  mencapainya. Seperti menulis target apa saja yang sudah dicapai. Lalu perhatikan deadline tiap target. Sehingga kita sadar jika ada target yang mendekati deadline.

Itulah beberapa tips agar target kita bisa terealisasikan. Selamat mencoba dan semoga sukses yaa (Penulis: Azhar Azkiya).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel