4 Tips Beli Kamera Bekas tapi Berkualitas

Teknokra.id - Kalian mau beli kamera? Tapi minim budget? Eits jangan pusing, solusinya adalah kalian bisa membeli kamera bekas atau second.

Gua takut nanti kalo kameranya bekas bakalan jelek, ditipu, dan gampang rusak”. Mungkin sebagian dari kalian berpikir seperti itu. Tapi, sebenarnya tidak semua kamera bekas seperti itu kok, maka dari itu Teknokra.id bakal kasih tips biar kalian tidak dapat kamera bekas yang zonk. Memang sih resikonya banyak tapi itu masih bisa diatasi kalo kalian ikutin tips ini.

4 Tips Beli Kamera Bekas tapi Berkualitas

Berikut ini tipsnya, yuk disimak!

1. Pilih toko yang terpercaya dan amanah 

Yang pertama kalian harus perhatikan adalah ciri-ciri tokonya, berikut ciri-cirinya
  • Punya toko fisik dan mempunyai alamat. Karena untuk mempermudah kita yang ingin membeli langsung ke toko dengan melihat kondisi barangnya.
  • Kasih gambar yang detail dan jelas. Dari gambar yang jelas kita bisa melihat kualitas keseriusan toko tersebut.
  • Punya marketplace seperti Shopee, Tokopedia dan lain-lain. Ini yang menjamin uang kita aman ketika membeli di marketplace.
  • Penjual cukup ramah dan tidak memaksa pelanggan untuk transfer.
  • Memberikan garansi
Nah, itu dia beberapa ciri-ciri toko yang Insyaallah akan aman dan terpercaya.

2. Kondisi fisik 

Untuk caranya, pastikan kalian minta detail kondisi kameranya. Beberapa toko ada yang sediain video call untuk tahu kondisi fisik kameranya biar lebih yakin atau minta video kondisi fisik kameranya. “Emang apa aja yang harus di cek?” 

Okee beberapa hal yang harus kalian cek yaa..
  • Pertama cek kondisi sensor kameranya, masih bersih apa engga? Kalo ga bersih mending skip deh soalnya nanti bakal ngaruh sama hasilnya.
  • Cek body kameranya, ada yang lecet engga? Parah apa engga? Kalo engga parah sih engga masalah, namanya juga kamera bekas. Pehatiin juga bagian karet kameranya udah pada melar belum? Kalo engga berarti aman yaa.
  • Cek body lensanya, jamuran engga? Ada yang baret atau kegores engga? dan pastiin sekiranya aman lah.
  • Cek juga Shutter Count nya, ini penting kalian cek karena cukup berpengaruh dengan hasilnya. Shutter Count adalah jumlah berapa banyak jepretan dari awal pemakaian.

3. Kelengkapan kamera 

Sebenernya ini penting engga penting sih, ya 50:50 lah ya. Kalian bisa tanyain ke seller-nya soal kelengkapannya apa aja. Pehatiin juga dari baterai, charger dan box itu ori atau engga, selebihnya kalian bisa pertimbangin perlu apa engganya.

4. Minta garansi

Nahh hal ini wajib kalian minta, minimal seminggu harus ada lah, soalnya ini penting banget sih takutnya rusak dipengiriman. Tapi overall selama seller-nya pinter packing-nya aman-aman aja sih.

Selain kalian beli di toko kamera, kalian juga bisa beli langsung ke personal yang lagi jual kameranya. Banyak kok yang jual di Instagram, apalagi di Facebook sih. Tapi kalau kalian pengen beli sama mereka, usahain pake pihak ketiga kayak marketplace gitu. Lebih amannya lagi kalo ketemuan gitu sih.

Okeyy segitu aja tipsnya, semoga bisa bermanfaat dan bisa bikin kalian yakin atau engga ragu beli kamera (Penulis: Muhammad Rifqi Mundayin).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel