Tips Organisasi Lancar, Kuliah Tak Terbengkalai

Teknokra.id - Pilihan untuk fokus kuliah atau aktif organisasi tentu menjadi suatu dilema tersendiri yang dirasakan oleh sebagian besar mahasiswa. Aktif berorganisasi penting untuk mengembangkan softskill dan menjaring relasi seluas-luasnya, namun disisi lain kewajiban kita sebagai mahasiswa pun tak bisa bisa ditinggalkan. 

Tetapi itu bukanlah alasan bagi kita untuk membatasi diri dalam berkarya dan mengembangkan potensi diri. Banyak cara yang bisa dilakukan agar kuliah dan organisasi bisa berjalan seimbang. 

Tips Organisasi Lancar, Kuliah Tak Terbengkalai

Untuk kamu yang masih merasa kesulitan untuk membagi waktu antara kuliah dan organisasi, di sini Teknokra.id akan memberikan beberapa tipsnya.

1. Perbaiki Manajemen Waktu 

Jika kamu merasa selama ini organisasi yang kamu ikuti mengganggu kuliahmu, atau bahkan sebaliknya, itu artinya kamu belum bisa mengatur waktumu dengan baik. Tips yang paling ampuh untuk mengatur waktu antara kuliah dan organisasi adalah dengan melupakan sejenak organisasi ketika kamu sedang berkuliah dan melupakan sejenak kuliah ketika kamu sedang berorganisasi. Terdengar sepele memang, tetapi jika kamu menerapkannya dengan baik, maka dapat dipastikan baik organisasi maupun kuliah keduanya akan berjalan seimbang.

2. Terapkan Skala Prioritas

Menetapkan skala prioritas tentu bukanlah hal yang asing lagi didengar. Dalam menerapkan skala prioritas berarti kita harus mengurutkan mana hal yang paling penting dan harus segera dilakukan, dan mana hal penting lain yang bisa dilakukan pada waktu lain. Skala prioritas penting untuk diterapkan guna menentukan hal penting mana yang harus dilakukan terlebih dahulu sebelum kita mengerjakan hal yang lain.

3. Membuat Jadwal Kegiatan Secara Berkala

Membuat jadwal kegiatan sangat penting untuk dilakukan apalagi jika kita selalu dihadapkan dengan banyak aktivitas setiap harinya. Rapat organisasi, mengikuti kuliah, mengerjakan tugas, menyusun laporan dan lain sebagainya akan terasa sangat berat jika kita tidak membuat jadwal harian. Dengan membuat jadwal harian, kegiatan dan pekerjaan kita akan menjadi lebih tersusun dan menghindari bertabrakannya agenda satu dengan agenda lainnya.
 

4. Totalitas Dalam Mengerjakan Suatu Hal

Jika kita ingin kuliah dan organisasi yang kita ikuti berjalan seimbang dan maksimal maka kita harus siap untuk bekerja secara totalitas untuk itu. Bekerja totalitas artinya kita harus siap untuk mengorbankan waktu, tenaga dan pikiran. Yakinlah bahwa apa yang kita lakukan hari ini akan memberikan manfaat bagi kehidupan kita kelak.

Itulah beberapa tips bagi kalian para mahasiswa yang belum bisa membagi waktu antara kuliah dan berorganisasi. Semoga bisa memberikan manfaat dan menjadikan kalian mahasiswa yang produktif dalam hal akademik maupun non-akademik (Penulis: Ihwana Haulan).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel