Valentino Rossi Pensiun Resmi Jadi Legenda MotoGP

Teknokra.Id- Balapan MotoGP pada Minggu, (14/11/21) merupakan pekan balap yang sangat emosional untuk pencinta balap kuda besi ini di seluruh dunia karena  di hari itu menjadi  balapan terakhir sang maestro MotoGP Valentino Rossi.

Pembalap yang memiliki julukan The Doctor ini memutuskan pensiun pada bulan Agustus 2021. Jadi, balapan di Sirkuit Ricardo Tormo Valencia menjadi akhir dari kariernya di MotoGP.
Sambil mengingat momen-momen kemenangan Rossi mari pembaca teknokra.id simak beberapa fakta unik tentang pembalap kelahiran Tavullia ini:


1. Pembalap Start balap terbanyak


Balapan di seri Valencia kemarin menjadi balapan ke 432 Valentino Rossi sepanjang berkarir di MotoGP dengan catatan 372 balapan di kelas premier dan 500cc.

2. Podium terbanyak sepanjang sejarah MotoGP


The Doctor (julukan Valentino Rossi) merupakan pembalap MotoGP dengan podium terbanyak sepanjang sejarah ajang balap kuda besi MotoGP. Terakhir podium yang Rossi torehkan pada seri Jerez di Spanyol pada tahun  2020 ketika meraih Podium 3 bersama Maverick Vinales dan Fabio Quartararo. Total keseluruhan Valentino Rossi sudah mengumpulkan 235 podium selama karirnya 199 diantaranya diraihnya di kelas tertinggi. 

3. Satu-satunya pembalap juara dunia dengan dua motor buatan berbeda


Setelah meraih 3 gelar juara dunia bersama Honda. Valentino Rossi mengumumkan keputusannya untuk pindah ke pabrikan Yamaha pada akhir musim 2003. Keputusan tersebut sangat riskan diambil oleh The Doctor sebab saat itu Yamaha sedang tidak dalam performa terbaik. 

Namun dengan kejeniusan dan kerja kerasnya Rossi membungkam semua ucapan orang dengan meraih gelar juara dunia pada tahun 2004. Setelah itu Valentino Rossi mendapatkan julukan The Doctor dikarenakan mampu mengubah motor yang tidak kompetitif menjadi motor yang mampu bersaing merebut gelar juara. Hingga saat ini belum ada rider yang mampu menyamai pencapaian rider Italia tersebut.

4. Mempunyai basis fans terbanyak di dunia


Tidak bisa dipungkiri bahwa semua orang mengenal MotoGP dari sosok Valentino Rossi. Selebrasi-selebrasi ikoniknya serta kharismanya membuat MotoGP semakin dikenal di seluruh dunia dari kalangan muda hingga tua. Tidak heran jika basis fansnya tersebar di seluruh dunia tidak terkecuali di Indonesia. 

Valentino Rossi Fans Club sebuah sebutan untuk fans The Doctor terkenal dengan warna kuning atau orang Italia biasa menyebutnya Popolo Giallo  dalam bahasa Indonesia rakyat kuning dikarenakan warna khas dan dominan rider Italia tersebut. 

5. Mendapatkan Juara Dunia Sembilan Kali


Ia memulai karirnya pada tahun 1996 Valentino Rossi meraih gelar pertamanya pada tahun 1997 dengan pabrikan Aprilia pada kelas 125cc. berselang dua tahun Rossi meraih gelar juara dunianya yang kedua pada tahun 1999 di kelas 250cc masih dengan pabrikan yang sama. Debut di kelas tertinggi pada tahun 2000 Rossi berhasil meraih runner-up. Baru pada tahun keduanya di MotoGP saat itu masih 500cc The Doctor berhasil merengkuh gelar MotoGP pertamanya sekaligus gelar juara dunianya yang ketiga pada tahun 2001 dengan pabrikan Honda. 

Dominasi Rossi terus berlanjut sampai tahun 2003 dia berturut-turut menjuarai MotoGP dengan pabrikan Honda. Setelah memutuskan pindah ke Yamaha pada tahun 2004 pembalap Italia ini menorehkan sejarah dengan menjadi rider pertama yang berhasil menjadi juara dunia berturut-turut. Tahun 2005, Rossi kembali menjadi juara dunia dan berhasil menjuarai kejuaraan MotoGP 5 tahun berturut-turut. Setelah kegagalannya pada tahun 2006 dan 2007, The Doctor kembali menjadi juara dunia pada tahun 2008 dan 2009 bersama Yamaha melengkapi 9 gelar juara dunia yang diraihnya.

6. Mencetak banyak rekor 


Selama berkarir 25 tahun di MotoGP. Rossi sudah mencetak banyak rekor mulai dari menjadi juara back to back dengan pabrikan berbeda. Pembalap dengan jumlah start balap terbanyak dan podium terbanyak. Kemudian pembalap dengan jumlah kemenangan terbanyak di kelas MotoGP sepanjang sejarah dengan 89 kemenangan dari total 115 kemenangan selama karirnya. Kemudian pembalap dengan rentang waktu kemenangan terlama yaitu 21 tahun sejak kemenangan grandprix pertamanya pada tahun 1996 dan kemenangan terakhirnya pada tahun 2017. (Penulis : Muhammad Rizki Arif)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel