Tips Financial Plan yang Perlu Kamu Coba

Teknokra.id - Perencanaan keuangan atau financial plan adalah hal penting yang sering kita lupakan. Seringkali kita terlambat menyadari hal ini. Padahal, financial plan bisa menjadi patokan kita untuk mengontrol pengeluaran dan pemasukan.

Kamu beruntung, jika menyadari pentingnya perencanaan keuangan sejak usia muda dan sudah menerapkannya. Eits, tapi tidak ada kata terlambat untuk kamu yang belum pernah mencobanya, ya. Berikut tips perencanaan keuangan yang bisa kamu coba.
Tips Financial Plan yang Perlu Kamu Coba

1. Cek Kondisi Keuanganmu

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui darimana pemasukan kita berasal, berapa yang tersedia saat ini, dan potensi pemasukan yang akan datang. Salah satu yang perlu kamu ingat dalam merencanakan keuangan adalah tidak boleh malas mencatat, ya. Catat dengan detail dan teliti sumber-sumber pemasukan yang kamu miliki beserta jumlahnya.

2. Buat List Pengeluaran Bulanan

Setelah mengetahui kondisi keuangan kamu. Selanjutnya, buatlah list pengeluaran bulanan beserta nominalnya. Jangan lupa untuk mencatat dengan teliti apa saja yang perlu dibayar bulan ini. Dengan membuat list pengeluaran bulanan, kamu bisa mengestimasi berapa uang yang tersisa untuk bisa ditabung dan untuk keperluan hang-out. Masukkan list pengeluaran darurat juga ya, sebagai antisipasi untuk kebutuhan mendadak.

3. Mulailah Menabung dan Investasi

'Menabung pangkal kaya', benar sekali, kita harus biasakan diri untuk menabung. Sisihkan uang yang tak terpakai untuk pengeluaran bulanan sesuai kemampuan pemasukan kamu. Tidak perlu banyak-banyak, kamu bisa memulainya sedikit demi sedikit asal berkelanjutan, ya.

4. Jangan Biasakan Ber-hutang untuk Keperluan Konsumtif

Menahan diri untuk tidak berperilaku konsumtif adalah hal yang sulit. Kita harus memilah mana keperluan yang penting dan tidak. Pilihlah lingkungan yang tidak menyeretmu ke perilaku konsumtif juga bisa dijadikan solusi. Motto 'Hidup Sederhana' adalah hal terbaik ketika kita berada dalam kondisi keuangan yang pas-pas an. Biasakan   berpikir sebelum menggunakan.

5. Manfaatkan Aplikasi Pencatatan Keuangan

Di zaman sekarang ini, sebenarnya tidak ada alasan untuk kita malas dalam membuat perencanaan keuangan. Banyak aplikasi pencatatan yang bisa kamu gunakan untuk mempermudah pencatatan keuanganmu.

6. Rutin Evaluasi Perencanaan Keuangan Bulanan

Setelah kita melakukan tips di atas, yang tidak boleh dilupakan adalah mengevaluasi perencanaan keuangan yang telah dibuat. Analisis apa yang perlu diperbaiki dalam perencanaan keuanganmu.

Itulah beberapa tips financial plan yang perlu kamu coba. Gunakan financial plan sebagai acuan supaya dapat menggunakan uang dengan bijak. Self reward memang penting, tapi bukan berarti bisa jadi dalih untuk terus-terusan berperilaku boros, ya. Selamat mencoba (Penulis: Silvia Agustina).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel