Tentang Belajar Memahami Hidup

Teknokra.Id- Semua orang harus tahu bahwa apapun yang terjadi, baik atau buruk hal yang terjadi hari ini, hidup akan terus berjalan, perjuangan harus tetap pada lintasannya dan selalu optimis akan hari esok yang datang akan lebih baik.

Hidup tidak selalu berjalan lancar bahkan terkadang tidak sesuai dengan ekspetasi, tapi dari sanalah pembelajaran berharga didapatkan. 
Dari pelajaran hidup berharga  tersebut sebagai manusia kita bisa memahami hidup ini bahwa:

 1. Mengenal Seseorang

Kita belajar bagaimana kita bisa mengenal seseorang, dari melihat cara mereka menyikapi 3 hal dalam hidup. Yaitu hari yang dibaluti kesedihan, amarah, dan beban yang terjadi dalam hidupnya. 

2. Menggunakan Topeng

Manusia yang telah bernajak dewasa terkadang dikerubungi dengan kepalsuan. Tawa yang tersirat terkdang adalah topenguntuk menutupi luka, yang mana terkadang di baliknya terdapat cerita yang memunculkan perasaan tak disangka.

 3. Jangan Mudah Membeci

Terkadang perasaan tidak suka pada seseorang hanya karena sifatnya ataupun tabiatnya. Sebab mereka, manusia itu selalu menjadi mahluk yang rumit. Di balik itu manusia selalu memiliki sisi baik.

4. Jangan Meremehkan Orang Lain

Sebagai manusia tidak perlu ada sikap dan rasa untuk meremehkan, karena tiap orang selalu mempunyai kisahnya sendiri. Kita terkadang tidak mengetahui apa yang sedang mereka hadapi  dan apa yang telah mereka lewati dalam hidup.

5. Mengendalikan Emosi

Tidak mengedepankan emosi sangatlah penting. Hadapi sestiap masalah dengan kepala yang dingin. Diam bagai laut yang tenang. Amarah harus terkontrol agar hati tidak terombang-ambing.

6. Jangan Tegesa-gesa

Setiap proses membutuhkan waktu. Sebagai manusia, tergesa-gesa adalah hal yang kurang baik karena dalam hidup kita harus menyiapkan apapun dengan matang. Tegesa-gesa hanya akan membuat khawatir, ragu, lelah, dan tidak maksimal. 

7. Selalu Optimis dan Berpikir Positif

Sebagai manusia kita sadar bahwa kita telah berhasil melewati pahit dan manisnya hidup hingga bisa mencapai ketitik yang sekarang. Dalam menjalani hari yang terkadnag penuh kejutan kita mungkin sempat ragu, resah, khawatir tidak bisa melewatiya. Tetapi yakinlah, kadang dalam hidup ini kita hanya perlu menjalaninya tanpa banyak bertanya selalu optimis dan berpikir positif.

Percaya bahwa melewati hidup dengan segala lika-liku perjuangan yang dilalui hingga kini, menyaksikan betapa berharganya diri sendiri yang sudah bertahan dengan apa yang telah telah terjadi dalam hidup. (Penulis: Ruweisha)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel