Makna Karakter Kaonashi dari Film Spirited Away yang Sering Dijadikan Kostum Halloween

Teknokra.id - Merayakan Halloween, beberapa waktu lalu SM Entertainment merilis foto para artis yang turut serta dalam acara bertajuk 'SMTOWN WONDERLAND 2021'. Para artis SM Ent hadir mengenakan beragam kostum dengan konsep yang unik. Mulai dari Siwon dan Shindong Super Junior, NCT, Aespa, Yeri Red Velvet dan banyak lagi, kompak tampil all out.

Salah satu member NCT yakni Kun, mengenakan kain hitam dengan riasan dominan putih yang berpadu dengan sedikit warna ungu gelap. Yaps, Ia berusaha memiripkan dirinya dengan salah satu karakter dalam film animasi 'Spirited Away', Si 'No Face' alias 'Kaonashi'.
Kaonashi dari Film Spirited Away Karakter Kostum Halloween Kun NCT
Film yang dirilis tahun 2001 itu mengisahkan seorang anak bernama 'Chihiro' yang tersesat bersama ayah dan ibunya di dunia ghaib. Di sana, Chihiro bertemu berbagai macam bentuk dedemit dan arwah, salah satunya Kaonashi.

Kaonashi, Tradisi, dan Kapitalisme di Jepang

Kaonashi memiliki tubuh berwarna hitam yang sedikit transparan. Sosok antagonis ini memiliki kemiripan rupa dengan salah satu kesenian Jepang yakni 'Noh'. Sebuah jurnal yang ditulis Ema Hartman berjudul 'Tradition vs. Innovation and the Creatures in Spirited Away (2017) mengungkapkan bahwa topeng yang dikenakan Kaonashi terinspirasi dari Noh, sebuah seni drama dan tarian klasik Jepang.

Film itu menggambarkan Kaonashi sebagai sosok yang kesepian. Ia juga disebut-sebut sebagai simbol kapitalisme dan keserakahan yang merupakan kritikan dari Hayao Mizaki di karyanya. 'A Nightmare of Capitalist Japan: Spirited Away'. Sebuah jurnal yang ditulis oleh Ayumi Suzuki menyebutkan bahwa  Kaonashi adalah karakter yang mewakili sistem kapitalis di Jepang, yakni sebuah sistem yang akan tumbuh dan semakin membesar dengan memakan keserakahan manusia. Melalu Kaonashi, digambarkan bahwa semakin banyak keserakahan manusia, maka semakin membesar pula sistem kapitalis yang ada.

Kekuatan Kaonashi

Kaonashi berupaya untuk menghilangkan kesepiannya dengan menarik orang-orang di sekitarnya menggunakan butiran emas. Yaps, Kaonashi memiliki kemampuan untuk menciptakan emas. Emas dijadikan umpan untuk orang-orang serakah supaya mendekat  sehingga Kaonashi bisa memakannya.

Di awal muculnya Kaonashi dalam film ini, Ia adalah sosok yang tidak bisa berbicara. Namun, ia akan menyerap kemampuan termasuk kemampuan berbicara sekaligus sifat yang melekat pada apa yang Ia mangsa. 

Chihiro dan Kaonashi

Tubuh Kaonashi akan semakin besar dan ketamakannya semakin menjadi-jadi seiring bertambahnya orang-orang serakah yang dimangsanya. Dengan kata lain, kepribadian jiwa Kaonashi mengikuti kepribadian apa yang dia mangsa.

Meskipun telah memangsa banyak makanan dan bertumbuh menjadi besar, Kaonashi tidak merasa puas, Ia tetap merasa kesepian. Dalam sebuah wawancara, Produser Toshio Suzuki menjelaskan bahwa Kaonashi ingin masuk ke dalam hati seseorang untuk menghilangkan kesepiannya.

Chihiro adalah target mangsa Kaonashi yang selanjutnya. Kaonashi tergugah dan menggebu-gebu ingin memangsa Chihiro karena Chihiro tidak tertarik pada iming-iming emas yang Kaonashi berikan. Dalam tulisan Emma Hartman, tindakan Chihiro ini mempromosikan sebuah tradisi Jepang akan kepatuhan yang mengutamakan keluarga daripada keuangan. Dalam film ini, Chihiro hanyalah berfokus untuk menyelamatkan orangtuanya.

Hingga akhirnya Chihiro berhasil  mengeluarkan apa yang telah dimangsa Kaonashi dari tubuh besarnya dan jiwa Kaonashi kembali seperti saat awal sebelum masuk ke 'Yuya' (Plot lingkungan kapitalis dalam film 'Spirited Away'). 

Kaonashi pun mengikuti Chihiro meninggalkan Yuya untuk melakukan perjalanan menuju rumah Zeneba. Yuya dan rumah Zeneba sangatlah berbeda, sehingga Kaonashi memutuskan untuk tinggal dan menetap di rumah Zeneba dan hidup jauh dari mentalitas kapitalis.

Pesan yang Zeneba berikan pada Chihiro sebelum pergi meninggalkannya bersama Kaonashi adalah "Jangan lepaskan namamu sendiri,". Dalam artian, jangan biarkan identitas diri (mentalitas) anda menjadi sesuai seperti apa yang dipaksakan oleh ideologi kapitalis.

Wah, ternyata banyak hal yang bisa digali dari kostum halloween karakter 'Kaonashi' yang dikenakan Kun NCT, ya. Spirited Away merupakan film yang terkenal dengan konten kritik sosialnya. Kalau kamu semakin penasaran dengan kisah Chihiro dan Kaonashi, kamu bisa tonton langsung cerita lengkapnya di film animasi berjudul 'Spirited Away' (Penulis: Silvia Agustina).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel