Ini Arti Istilah SJW yang Ramai di Media Sosial Beserta Asal Usulnya

Teknokra.id- Ketika membuka media sosial terutama Twitter mungkin sebagian dari kita sering mendengar cuitan mengenai SJW namun sebelumnya apakah kamu sudah tahu apa artinya? Atau bahkan kamu pernah menggunakan istilah ini namun belum tau arti yang sebenarnya?. Kalau begitu dari pada telalu lama langsung saja simak pembahasaannya di bawah ini.

SJW merupakan singkatan dari Social Justice Warrior atau dalam bahasa Indonesianya seseorang yang memperjuangkan keadilan sosial dengan sangat progresif. Para SJW adalah orang yang aktif menggiatkan serta memperjuangkan keadilan yang sama bagi setiap insan agar diperlakukan secara manusiawi.
Istilah SJW ini pertama kali muncul pada tahun 1991 di Kanada, yakni Michael Chartrand seorang aktivis yang menjadi inspirasi karena vokal dalam menentang ketidak adilan yang ada di masyarakat saat itu. 

Selang beberapa tahun setelah itu, tepatnya 1998 istilah SJW kembali lagi populer yang merujuk pada gerakan suatu koalisi bernama Homeless Action Coalition yang memperjuangkan hak dan keadilan untuk tunawisma.

Namun memasuki abad 21 SJW telah mengalami pergeseran  makna. Kini malah menjadi sarkasme yang diarahkan pada orang yang memeperjuangkan liberalisme, feminisme, dan para penggiat yang menyuarakan suatu isu belum jelas dengan bergerak mengatasnamakan keadilan namun menentang moral. (Penulis Yesi Sarika)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel