Fakta Sirkuit Mandalika, Sirkuit Baru Kebanggaan Indonesia

Teknokra.id- Pertamina Mandalika International Street Circuit merupakan sirkuit jalan raya pertama di dunia. Sirkuit ini berlokasi di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Sirkuit ini diinisiasi oleh BUMN Pariwisata yang mengembangkan Kawasan Pariwisata kelas dunia Nusa Dua di Provinsi Bali yaitu ITDC (Indonesia Tourism and Development Corporation).

Pengembangan Pariwisata Indonesia. Sirkuit yang mulai dibangun sejak akhir tahun 2020 ini sebentar lagi akan rampung dan siap menggelar 2 ajang balap motor bergengsi yaitu Asia Talent Cup dan WSBK (World Superbike) pada akhir November mendatang.
Berikut ini 5 Fakta Menarik tentang Pertamina Mandalika International Street Circuit :

1. Sirkuit Jalan Raya Pertama di Dunia


Sirkuit ini menggunakan konsep sirkuit jalan raya yang dibangun khusus untuk ajang balap motor. Sirkuit ini berbeda dengan sirkuit jalan raya yang berada di Singapura dan Monako. Arena balap kuda besi ini dibangun mengikuti ketentuan yang sudah ditentukan oleh Federasi Balap Motor Internasional (FIM) dengan faktor keselamatan tinggi untuk ajang balap motor sekelas MotoGP.

2. Sirkuit dengan pemandangan terindah di dunia


Lokasi sirkuit yang berada di pinggir pantai dan dikelilingi perbukitan membuat sirkuit ini diklaim menjadi sirkuit terindah di dunia. Garis pantai berpasir putih yang terbentang dari Pantai Kuta di sisi barat hingga Pantai Tanjung Aan di sisi timur memanjakan mata wisatawan dan pengunjung yang datang langsung menonton di sirkuit kebanggaan masyarakat Lombok.

3. Waktu pembangunan kurang dari Setahun


Pertamina Mandalika International Street Circuit ini dimulai pembangunannya pada akhir tahun 2020, dimulai dari pembuatan badan jalan hingga tahap terakhir pengaspalan yang selesai pada bulan Agustus 2021. Dalam waktu yang sangat singkat lahan kosong di Kawasan Mandalika disulap menjadi sirkuit bertaraf internasional yang siap memanjakan riders kelas dunia dari WSBK dan MotoGP. 

4. Karya anak bangsa


Sirkuit Internasional Jalan Raya Mandalika merupakan sebuah mahakarya anak bangsa. Megaproyek dari ITDC ini dibangun oleh BUMN Konstruksi Indonesia yaitu PT. PP (Pembangunan Perumahan) dan PT. WIKA (Wijaya Karya). Sebuah mahakarya yang dikerjakan putra-putri kebanggaan Indonesia. PT. PP ambil bagian dalam pengerjaan lapisan aspal mulai dari subgrade hingga lapisan paling atas yaitu AC-WC ( Asphalt Concrete Wearing Course). 

Kemudian PT. WIKA membangun fasilitas pendukung seperti tribun, race control dan pit building. Teknologi pit building modular digunakan untuk membangun sekitar 50 ruang pit. Sebuah kebanggaan bahwa pit building modular ini merupakan produk asli Indonesia dan karya anak bangsa. Dengan menggunakan teknologi ini, pembangunan bisa diselesaikan dengan cepat dan presisi.

5. Meningkatkan kunjungan wisatawan ke Indonesia


Hadirnya ajang balap motor bergengsi di Indonesia seperti WSBK (World Superbike) pada tanggal 19-21 November ini, dan MotoGP pada Maret tahun depan akan meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia. Hal ini tentunya mendukung program pemerintah untuk meningkatkan jumlah wisatawan setelah pandemi Covid 19. Wisatawan tidak hanya menikmati ajang balap kuda besi tetapi juga menikmati alam yang terbentang di sekitar sirkuit. Tentunya ini dapat meningkatkan ekonomi sekitar dan menambah lapangan pekerjaan untuk masyarakat sekitar. (Penulis: Muhammad Rizki Arif)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel