Cara Agar Leptop Tidak Cepat Rusak

Teknokra - Apakah kalian pengguna leptop yang suka mengabaikan perawatan leptop dengan benar ? Terkadang kita suka lalai dalam menjaga leptop kita sendiri.

Leptop biasanya sering digunakan untuk hiburan seperti, menonton film dan bermain games. Namun, tak jarang juga leptop digunakan untuk mengerjakan sesuatu hal yang berguna seperti mengerjakan tugas, skripsi dan pekerjaan kantor. 

Tapi apakah kalian mengerti, semakin sering kita menggunakan leptop dengan sembarangan, akan membuat leptop kita cepat rusak. Maka dari itu mari rawat leptop dengan menggunakan cara berikut!

1. Jangan membiarkan baterai leptop sampai 0%

Kebiasaan ini dapat membuat leptop semakin cepat rusak, usahakan melakukan pengisian daya  ketika indikator baterai leptop sudah berada di 26% . Hal ini dapat membuat baterai leptop lebih awet.

2. Jangan menaruh leptop di atas kasur

Keseringan untuk meletakan leptop di atas kasur dapat membuat sirkulasi udara di leptop tidak berjalan dengan lancar, udara panas yang berada di dalam leptop tidak dapat keluar karena tertahan dan membuat sebagian komponen menjadi panas. 

3. Cek kembali pemasangan carger 

Kita sering melihat orang lain memasang carger leptop dengan mencolokan ke leptop terlebih dahulu baru sumber llistrik. Namun, faktanya lebih disarankan untuk mencolok ke sumber listrik terlebih dahulu baru ke leptop untuk menghindari tegangan listrik yang tinggi. 

4. Jangan membiasakan carger leptop ketika baterai sedang penuh

Jika baterai leptop masih 100% atau 50% tetapi kalian sudah melakukan isi daya, hal tersebut dapat memicu daya baterai semakin sering berkurang.

5. Jangan meninggalkan leptop dalam keadaan menyala

Setelah menggunakan leptop seharian,  jika sudah menggunakannya jangan biarkan leptop dalam keadaan terus menyala. Kalian bisa mematikannya dengan klik tombol shut down atau cukup dengan klik sleep . 

Sama dengan merwat diri kita, leptop juga harus dirawat dengan baik (Penulis : Dhea Putri Utami). 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel