Jalan Tol Terpanjang di Indonesia Salah Satunya Berada di Lampung

Teknokra.id - Pemerintahan periode ke-2 Presiden Joko Widodo kembali melanjutkan program kerja unggulan dibidang infrastrukturdengan membangun Jalan Tol Trans-Sumatera dengan menggandeng perusahaan kontraktor milik BUMN, PT Hutama Karya (Persero) untuk melaksanakan pembangunan megaproyek yang memakan biaya hingga 150 triliun rupiah.

Teknokra.id
Dari pembangunan tersebut pembangunan Tol Trans Sumatera ini berhasil mengantongi penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai jalan tol terpanjang membentang wilayah Tebanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 189,3 kilometer. 

Selain itu yang menarik pada pembangunan ruas tol yang melewati Provinsi Lampung dan Sumatera Selatan ini yaitu proses pembangunannya yang super cepat hanya dalam kurun waktu 2,5 tahun. Sungguh proses sangat cepat mengingat sebagian wilayah yang dilewati tol ini merupakan rawa dan juga kontur tanah yang  sulit. 

Dengan beroperasinya tol ini dapat mempersingkat waktu tempuh dari Lampung menuju Palembang yang dulunya memakan waktu 8-10 jam kini hanya 3-4 jam saja. 

Diharapkan jalan tol ini dapat mendukung pertumbuhan ekonomi, sesuai dengan tujuan pemerintah dalam membangun proyek Tol Trans-Sumatera menghubungkan dan melahirkan pusat-pusat perekonomian di Pulau Sumatera. (Penulis: M. Rizki Arif). 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel