Unila Buka Pendaftaran KKN Gelombang Pertama Periode 2022

Teknokra.id - Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bentuk kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh mahasiswa pada masyarakat dengan tujuan untuk memajukan suatu daerah tertentu dengan ilmu-ilmu yang diberikan oleh mahasiswa pada masyarakat umum, diharapkan mampu mengembangkan daya pikir dan intelegensia warga tempat mahasiswa melakukan KKN.

Pelaksanaan KKN biasanya dilakukan selama 40 hari atau kurang lebih satu bulan sepuluh hari. Dan mahasiswa dituntut mampu memberdayakan masyarakat dengan program-program kerja yang telah direncanakan oleh mahasiswa yang melakukan KKN.

Berdasarkan data dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKJENDIKTI), setiap kampus atau Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia wajib mengadakan KKN. Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kegiatan intrakurikuler yang memadukan tri dharma pendidikan tinggi yakni pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat.

Universitas Lampung (Unila) sendiri juga mengadakan KKN di desa-desa yang ada di Provinsi Lampung. Sama seperti kampus lain yang ada di seluruh penjuru Nusantara, di Unila sendiri juga mengadakan KKN selama 40 hari, dan kecuali di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), KKN nya ditambah 10 hari menjadi 50 hari, dengan sepuluh hari melakukan Pengenalan Lingkungan Persekolahan (PLP).

Unila telah membuka pendaftaran KKN untuk gelombang pertama periode 2022. KKN ini sendiri  diprioritaskan untuk angkatan 2019 yang tahun depan sudah menginjak semester 5, dan juga semester atas yang belum mengikuti KKN.

KKN di Universitas Lampung sendiri dijadikan sebagai mata kuliah wajib yang perlu diambil oleh setiap mahasiswa dan sistemnya pun sama dengan mata kuliah lain. Jika mahasiswa mendapatkan mata kuliah E, maka akan tetap mengulang disemester yang akan datang.

Persyaratan untuk mahasiswa yang akan mengikuti KKN ini yaitu mengisi google form yang telah disediakan menggunakan email students Unila. Mahasiswa juga perlu menyiapkan dokumen seperti surat pernyataan, Kartu Tanda Penduduk, serta Kartu Tanda Mahasiswa yang telah diubah ke pdf.

Setelah mengisi google form mahasiswa perlu melakukan verifikasi data yang telah diupload dan melakukan pendaftaran melalui laman e-kkn.unila.ac.id dan pendaftarannya menggunakan Nomor Pokok Mahasiswa (NPM) sebagai username dan password.

Pengisian di google form sendiri dimulai dari tanggal 15 Juni 2021 hingga 30 Juli 2021. Pendaftaran online untuk KKN sendiri dimulai dari tanggal 15 Juli-30 Juli 2021 melalui laman e-kkn.unila.ac.id (Penulis: Fajar Hendra Jaya). 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel