Teknik Pomodoro: Teknik Belajar Efisien dan Efektif Untuk Hindari Distraksi

Teknokra.id - Beberapa orang pasti menemukan kesulitan dalam fokus dengan waktu yang lama khususnya saat belajar. Belajar bisa saja merupakan kegiatan yang membosankan bagi beberapa orang, sehingga sulit untuk menghabiskan waktu yang lama untuk berkutat dengan materi pembelajaran. 

Adanya ponsel pintar mungkin membantu kita untuk mempermudah akses pembelajaran, tetapi ponsel pintar di lain sisi dapat atensi kita untuk belajar justru teralihkan dengan memerika ponsel beberapa menit sekali, akhirnya bukannya belajar justru buka sosmed. 
Kesulitan fokus untuk belajar itu bisa dihilangkan dengan menggunakan Teknik Pomodoro. Teknik Pomodoro merupakan teknik manajemen waktu yang dikembangkan pada tahun 1980-an oleh Francesco Cirillo. Teknik yang terbukti efektif ini membutuhkan bantuan alat timer pada pengaplikasiannya. 

Teknik ini muncul dan mulai dikembangkan ketika Sang Penemu, Francesco Cirillo merasakan sulit untuk fokus belajar ketika ia kuliah dulu. Pada saat itu, dengan menggunakan timer yang biasa digunakan untuk memasak, ia mengatur waktu 25 menit untuk belajar dan 3-5 menit untuk beristirahat. Aktivitas itu ia lakukan berulang sebanyak empat kali. 

Setelah melakukan percobaan tersebut pada dirinya sendiri, Ia menemukan bahwa Ia menjadi lebih fokus dalam belajar dan dapat menghabiskan waktu yang lama. Nama Pomodoro sendiri diangkat dari timer yang ia gunakan yang memiliki bentuk mirip dengan tomat, di mana dalam bahasa Italia tomat adalah pomodoro. 

Sebelum melakukan teknik ini, kamu dapat menuliskan daftar-daftar pekerjaan atau materi yang ingin kamu pelajari, sehingga ketika teknik ini dilakukan, selain dapat belajar dengan efektif dan efisien juga dapat menambah produktivitas kita. 

Nah, ada aturan dalam jendela belajar (waktu yang diatur untuk belajar) agar teknik ini menjadi lebih efektif, yaitu dengan memisahkan pekerjaan yang sulit dengan porsi sedikit dan pekerjaan mudah dengan porsi yang banyak. 

Misalkan bagian sulit masuk ke dalam interval waktu yang pertama, dalam lamanya waktu tersebut kita bisa fokus untuk mengerjakan pekerjaan yang sulit. Pekerjaan mudah dengan porsi yang banyak disatukan dalam satu interval agar dalam waktu sedikit kita sudah dapat menyelesaikan banyak pekerjaan. 

Timer yang digunakan tidak perlu sama persis dengan milik Francesco Cirillo, kamu bisa menggunakan timer pada ponsel pintarmu. Salah satu aplikasi yang seru untuk membantu kamu terdistraksi oleh ponsel juga sekaligus dapat melakukan teknik ini adalah Forest: Stay Focused yang bisa kamu unduh di Playstore/Appstore. 

Forest: Stay Focused merupakan aplikasi seperti game yang memiliki timer di dalamnya, di sana kita bisa menanam dan memilih bibit pohon kita sendiri, Untuk menanam satu pohon sampai menjadi tinggi dan besar, kita tidak boleh keluar dari aplikasi tersebut. Jika kita terdisttraksi dan justru membuka WhatsApp, Twitter, atau Instagram, pohon yang kita tanam akan otomotis gugur dan mati. Aplikasi ini memaksa kita untuk tetap fokus dan menghilangkan distraksi yang paling menggoda, yaitu sosial media (Penulis: Rahel Azzahra).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel