Pulau Pasaran: Surga Ikan Asin di Pinggiran Kota Bandar Lampung

Teknokra.id - Pulau Pasaran, pulau yang terletak di pinggir Kota Bandar Lampung, Teluk Betung. Untuk menuju ke Pulau Pasaran kalian memerlukan waktu 30 menit dari pusat Kota Bandar Lampung. 

Pulau Pasaran merupakan pulau yang memiliki kekayaan laut berupa penghasil ikan asin terbesar di Indonesia. Jika kalian berniat mengunjungi Pulau Pasaran kalian tak perlu bingung, Pulai ini bisa dilalui melalui jalur darat dengan menyebrangi jembatan kecil menuju pulau.




Menuju pulau ini kalian akan disuguhi dengan pemandangan hutan bakau, meskipun begitu sayang sekali sampah rumah tangga menjadi penghias di sekilingnya. Jika dilihat lagi Pulau Pasaran menjadi cerminan Pulau Seribu di Jakarta, bedanya ini terletak di Bandar Lampung. 

Pulau Pasaran hanya memiliki luas sekitar 12 hektar. Dilihat dari ketinggian Kota Bandar Lampung, Pulau Pasaran seperti perkampungan kumuh di kelilingi laut dangkal. 

Dibalik kekumuhan Pulau Pasaran dan hamparan sampah plastik serta rumah tangga, Pulau Pasaran memiliki potensi perekonomian yang tinggi bagi Kota Bandar Lampung. 

Ratusan masyarakat menggantungkan hidupnya di Pulau Pasaran. Nilai produksi ikan teri dan ikan asin selalu meningkat pesat setiap tahunnya. Menjadi Pulau pinggiran kota, bukan halangan untuk menjadi pesokong terbesar penghasilan daerah. 

Pemerintah Kota Bandar Lampung patut bangga dengan potensi yang dimiliki Pulau Pasaran karena pasokan ikan teri dan asin di Indonesia dihasilkan dari Pulau Pasaran dan diproduksi di Medan (Penulis: Dhea Putri Utami). 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel