Ketahui Dirimu Pantas Dicintai Untuk Menjaga Kesehatan Mental

Teknokra.id - Kesehatan mental menjadi masalah terbesar bagi beberapa orang. Mungkin terlihat sepele, namun kesehatan mental ini akan berakibat fatal jika dibiarkan begitu saja dan tidak segera ditangani oleh ahlinya.

Ada beberapa masalah yang dihadapi oleh orang, yang mampu menyentuh mental mereka, sehingga mental mereka menjadi terganggu. Beberapa kasus diantaranya seperti bullying. 

Bullying sering terjadi dikalangan pelajar. Banyak sekali faktor yang menyebabkan bullying itu terjadi. Salah satunya yakni dari fisik seseorang. Fisik seseorang sering sekali menjadi pusat perhatian dari orang banyak.

Seseorang yang memiliki fisik yang tidak sempurna lah yang sering menjadi sasaran pelaku bullying. Biasanya seseorang membully karena mereka menganggap orang yang dibully tersebut lebih lemah dibanding mereka. 

Bullying sendiri dapat menyebabkan seseorang merasakan insecure terhadap diri mereka sendiri, insecure merupakan perilaku di mana seseorang merasa dirinya selalu kurang dari orang lain dan mengakibatkan orang tersebut kehilangan percaya diri. Parahnya, tidak dipungkiri orang yang insecure bisa saja berusaha menutupi dirinya yang sesungguhnya, dengan menjadi diri orang lain. 

Langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya gangguan mental dan menjaga kesehatan mental diri sendiri yakni dengan mencintai dan menghargai setiap apa yang kita miliki saat ini. Karena, dengan mencintai diri sendiri kita mampu mengetahui bagaimana karakteristik dari pribadi kita sendiri, dan mengembangkan kelebihan yang kita punya.

Kelebihan yang kita punya tersebut bisa kita gunakan untuk melawan rasa insecure dalam diri. Lalu, jangan lupa bersyukur. Kita tidak perlu takut atau minder dengan fisik atau kekurangan yang kita miliki. Karena dibalik kekurangan yang dimiliki, pasti ada banyak kelebihan yang diberikan oleh tuhan. 

Cara lain yang tepat untuk kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mental adalah dengan melakukan konsultasi dengan psikolog atau pskiatri, jika kamu belum siap untuk membicarakan masalahmu secara langsung, sekarang kamu sudah dapat melakukan konseling secara online dengan gratis maupun berbayar.

Mulai hilangkan rasa insecure dalam diri dari hal kecil yakni dengan bersikap cuek dan bodo amat dengan kehidupan orang lain, dan percaya bahwa semua orang itu berharga dan pantas untuk dicintai (Penulis: Fajar Hendra Jaya). 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel