Alasan Pemain Sepak Bola Langsung Memuntahkan Minumannya Saat Pertandingan

Teknokra.id - Pada final Piala Dunia 2018 Prancis berhadapan dengan Krosia saat itu. Terlihat pemain Prancis Paul Pogba memuntahkan atau meludahkan air yang diminumnya saat memasuki fase water break. Orang awam yang melihat hal ini akan berasumsi bahwa itu hanya buang-buang air disaat kita diberi waktu untuk turun minum. 

Namun, hal tersebut sangatlah wajar dalam dunia sepakbola. Memuntahkan air minum dilakukan bukan tanpa alasan, melainkan juga dapat dilihat secara faktor medis. Sebelum lanjut kita harus mengetahui bahwa sepakbola salah satu olahraga dengan durasi terlama dan terdiri dari dua babak, yang mana satu babaknya 45 menit. Tetapi waktu untuk water break hanya satu menit per babak. Hal ini akan menguras tenaga yang sangat banyak karena sepakbola adalah olahraga yang menuntut untuk terus berlari terus-menerus. 

Dele Ali melakukan Carb Rinsing untuk menjaga performanya saat bertanding (Sumber: nytimes.com)
 

Hal tersebut dikenal dengan istilah Carb Rinsing. Sederhananya, para pemain bola berkumur untuk merangsang otak bereaksi atas apa yang dikira adalah karbohidrat.

Peneliti memperkirakan jika melakukan hal tersebut selama sekitar 5 sampai 10 detik bisa merangsang kerja otak. Tidak ada bukti pasti, tapi banyak ahli olahraga percaya bahwa teknik ini memiliki efek positif untuk pemain.

Saat turun minum juga bukan solusi ketika tenaga pemain terkuras ,meski memang akan ada istirahat panjang selama 15 menit.  Dilansir dari daydaynews.cc wajar saja dalam permainan dengan tensi yang tinggi, para pemain pasti lebih cenderung haus, mereka akan mencari air dan meminumnya. Lalu mereka segera meludahkannya. 

Pertama-tama, harus dipahami  bahwa masuk akal bagi pemain sepak bola untuk melakukannya. Untuk teman-teman yang suka olahraga harus memiliki pengalaman seperti ini. Dalam kasus banyak olahraga dan sangat haus, jika minum air dalam satu tarikan napas, pasti akan merasakan perut kembung, dan akan membuat orang merasa sangat tidak nyaman. 

Sepak bola adalah olahraga yang membutuhkan banyak lari, lompatan, dan konfrontasi. Air yang bergoyang-goyang di dalam perut, dan bisa dimuntahkan di tempat.  Sangat masuk akal bagi penggemar sepak bola biasa untuk bermain game dan hampir tidak bisa berlari jika mereka minum terlalu banyak air. Penulis: Andre Prasetyo.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel