Tidak Hanya Kekerasan Fisik, Berikut Ini Bentuk-bentuk KDRT

Teknokra.id- Ternyata tidak hanya kekerasan fisik, berikut ini bentuk-bentuk KDRT yang harus diketahui.

KDRT merupakan singkatan dari kekerasan dalam rumah tangga, kekerasan ini terjadi dalam ranah hubungan keluarga. Pelaku dan korbannya biasanya banyak terjadi pada suami terhadap isteri, orang tua terhadap anak anak.

Tidak Hanya Kekerasan Fisik, Berikut Ini Bentuk-bentuk KDRT

Betuk kekerasan KDRT bisa meliputin fisik, psikis, seksual, penelantaran, ancaman, dan pemaksaan yang terjadi dalam ranah keluarga.

Tidak hanya kekerasan fisik, berikut ini bentuk-bentuk KDRT yang telah teknokra.id rangkum dari macam-macam sumber:

1. Tindak Kekerasan Fisik

Bentuk kekerasan fisik dari tindak KDRT antara lain pemukulan, pencekikan, pendorongan, penggigitan, penyeranga dengan senjata dan lain-lain yang dapat melukai dan mencederai fisik.

2. Tindak Kekerasan Psikis

Bentuk kekerasan psikis dari tindak KDRT antara lain pengancaman, intimidasi, memenanamkan rasa takut, pengawasan yang berlebihan dan lain-lain yang dapat membuat korban merasa ketakutan dan tidak nyaman.

3. Tindak Kekerasan Seksual 

Bentuk kekerasan seksual dari tindak KDRT antara lain pemaksaan hubungan seksual, pelacuran, pemerkosaan, pemaksaan aborsi, dan lainnya yang dapat melanggar integritas tubuh seseorang.

4. Tindak Kekerasan Emosional

Bentuk kekerasan emosional dari tidak KDRT antara lain menjelekan terus menerus, mengkritik tanpa henti, mempermalukan, mengejek, merendahakan dan lainnya yang dapat membuat harga diri sesorang menjadi rusak.

5. Tindak Kekerasan Ekonomi

Bentuk kekerasan ekonomi dari tindak KDRT antara lain menelantarkan kekuarga, tidak memberi nafkah, melaran pasangan untuk bekerja, dan lainnya yang dapat merugikan keluarga secara ekonomi.

Itu tadi macam-macam bentuk KDRT yang harus diketahu, semoga bermanfaat untuk pembaca.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel