Sekilas Sama, Ini Beda Content Writer dan Copy Writer

Teknokra.id -  Siapa disini yang masih menganggap copy writer dan content writer itu pekerjaan yang sama. Kalau begitu, kamu masih keliru banget nih. Meski sekilas namanya terlihat mirip, namun keduanya memiliki pekerjaan dan fungsi yang berbeda loh. Kalau kata pepatah yang pernah tekno baca sih, ini yang sering dibilang serupa tapi tak sama ehee..

Nah dalam artikel kali ini, akan dibahas beberapa perbedaan antara content writer dan copy writer baik dalam arti, fungsi dan tujuan. Simak penjelasan berikut ya.


Secara definisi saja, sebenarnya sudah terlihat jelas perbedaan antara keduanya. Content writer dapat diartikan sebagai kegiatan membuat konten dalam bentuk tulisan yang relevan untuk web perusahaan. Konten tersebut bisa berupa branding dan informasi terkait perusahaan tersebut. Sedangkan Copy writer berperan dalam pembuatan tulisan yang berkaitan dengan kebutuhan komersil (tulisan berupa ajakan yang berhubungan dengan marketing dan iklan). 

Tugas Utama

Content writer bertugas menulis informasi dalam bentuk artikel. Sedangkan copy writer menulis copy untuk audiens dengan tujuan branding.

Tujuan Copy Writer dan Content Writer

Kalau si content writer ini membuat tulisan untuk mengedukasi dan menghibur pembaca, lain halnya dengan copy writer yang membuat tulisan dengan tujuan yang lebih serius yakni mempersuasi calon pelanggan hingga tertarik pada produk atau jasa yang ditawarkan.

Proses Kerja

Nah saat proses sebelum hingga menulis baik content writer dan copy writer sama-sama melakukan riset. Namun bedanya, content writer melakukan riset topik dan tren dan menjadikannya tulisan edukasi atau hiburan. Sedangkan Copy writer melakukan analisis tulisan dengan melakukan riset kebutuhan pelanggan dan tren copy yang booming.

Nah itu dia perbedaan Copy writer dan Content writer. Semoga bisa menambah pengetahuan kamu ya(Penulis: Sandra Puspita).


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel