Julid Hingga Ambyar, Kata Gaul Yang Masuk KBBI

Teknokra.id - Dalam kehidupan sehari-hari kita sering menemukan dan menggunakan istilah bahasa gaul atau slang sebagai bahasa kekinian. Dari mulai ambyar, kicep hinggap baper. 

Tau kah sobat, beberapa istilah dalam bahasa gaul tersebut ternyata telah masuk dalam bahasa resmi dan ada dalam KBBI loh. Apa aja sih bahasa gaul tersebut, teknokra rangkum beberapa diantaranya:



1. Cie

Siapa sih yang nggak tau istilah gaul yang satu ini. Kata Cie biasa digunakan untuk menggoda seseorang. Ternyata, saat ini kata-kata gaul ini telah masuk dalam salah satu kata baku bahasa Indonesia loh. Dalam KBBI kata cie diartikan sebagai kata seru yang digunakan untuk memuji atau menggoda seseorang agar tersipu. 

2. Julid

Kata julid sering digunakan untuk menggambarkan perilaku seseorang yang kerap kali nyinyir terhadap orang lain atau berkomentar pedas. 

Dalam KBBI julid ini diartikan sebagai sifat iri dan dengki dengan keberhasilan orang lain, biasanya dilakukan dengan menulis komentar, status, atau pendapat di media sosial yang menyudutkan orang tertentu. 

3. Mager

Istilah ini pernah booming beberapa tahun lalu dan masih digunakan hingga saat ini loh. Mager atau malas bergerak adalah istilah dalam bahasa gaul yang kerap digunakan untuk menggambarkan keadaan diri yang lagi males ngapa-ngapain alias males ngelakuin aktivitas seperti biasa. 

Ternyata istilah ini juga sudah resmi masuk dalam KBBI loh sobat. Dalam KBBI istilah mager memiliki arti malas (ber)gerak; enggan atau sedang tidak bersemangat untuk melakukan aktivitas. 

4. Ambyar

Kalau dalam bahasa gaul percintaan kata ambyar sering digunakan untuk menggambarkan perasaan seseorang yang hancur akibat sesuatu. 

Istilah ini juga ternyata resmi masuk dalam  KBBI yang memiliki arti Bercerai-berai; berpisah-pisah; tidak terkonsentrasi lagi. 

5. Kicep

Istilah ini digunakan untuk menggambarkan orang yang tak punya nyali besar alias ciut saat berhadapan dengan orang lain terlebih yang ia takuti. 

Dalam KBBI istilah ini diartikan sebagai perilaku diam karena takut dan gelisah yang dialami sesorang. 

Nah Sobat, itu tadi istilah gaul yang berhasil masuk KBBI. Selain diatas, sebenarnya masih banyak lagi loh kata gaul serupa yang juga masuk dalam bahasa resmi Indonesia. Next, kita bahas istilah lainnya ya. Semoga bisa menambah wawasan kamu(Penulis: Sandra Puspita)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel