Mengenal 9 Kategori Dari ASMR

Teknokra.id Halo pembaca teknokra, apakah kalian sudah pernah membaca artikel “Alasan Orang Suka Nonton ASMR dan Rekomendasi Channel Youtube ASMR Untuk Merasakan Tingles” yang sudah teknokra.id bagaikan sebelumnya? Jadi kali ini teknokra.id akan membagikan informasi yang masih berakaitan dengan artikel tersebut yaitu mengenai beberapa kategori dari ASMR.

Sebelumnya, kami akan menjelaskan secara singkat mengenai ASMR, khawatir kalian lupa atau bahkan belum membaca artikel sebelumnya.


ASMR merupakan singkatan dari Autonomous Sensory Meridian Response atau istilah dari sensasi spontan yang terjadi dalam diri seseorang karena suara-suara tertentu seperti sensasi geli atau merinding. Namun bukan merinding yang membuat takut ya, melainkan rasa rilex yang menenangkan bahkan dapat menimbulkan rasa kantuk hingga tertidur loh.

Namun tidak semua orang dapat merasakan hal tersebut, karena respon yang berbeda-beda dari setiap orang terhadap ASMR. 

ASMR memiliki banyak manfaat bagi orang-orang yang dapat merasakan sensasinya, diantaranya membuat diri menjadi lebih tenang dan rileks, membantu orang yang mengalami insomnia, bahkan hingga membantu menenangkan orang yang mengalami depresi.

Ada 9 kategori dari ASMR, yaitu : 

1. How To Style

ASMR jenis ini merupakan ASMR yang berupa tutorial-tutorial dalam melakukan sesuatu. Contoh dari ASMR jenis ini adalah tutorial make up dan melukis.

2. Voice Triggers

ASMR jenis ini merupakan ASMR yang dihasilkan melalui suara yang berasal dari mulut manusia, diantaranya adalah story telling dan mouth sound.

3. Object Triggers

Object trigger merupakan ASMR yang dihasilkan dari benda-benda tertentu. Salah satu contohnya adalah permainan  Squishy.

4. Ambience 

Yang keempat adalah ambience. ASMR jenis ini biasanya berupa suasana menenangkan karena dihasilkan dari suara-suara tertentu. Contoh dari ASMR jenis ini adalah suara ombak dan rintik hujan.

5. Spiritual

Beberapa bentuk dari ASMR spiritual diantaranya adalah hipnotis dan affirmasi positif yang menimbulkan ketenangan dan kenyamanan yang diberikan oleh seseorang yang ahli dalam bidang tersebut. 

6. Satisfying

Apabila diantara kalian ada yang suka melihat orang-orang yang memainkan slime atau memotong pasir, kemungkinan kalian termasuk kedalam golongan penyuka ASMR jenis ini.

7. Visual Triggers

Apakah kalian pernah melihat orang-orang yang melakukan ASMR dengan menggerak-gerakan tangan baik menggunakan atau tanpa alat tertentu dalam video ASMR nya dan merasakan sensasi menggelitik? Jika ia, kemungkinan besar ia sedang melakukan ASMR visual triggers.

8. Roleplays

Roleplays merupakan ASMR yang berupa permainan atau pengambilan peran. Diantaranya seperti berperan sebagai dokter gigi yang membersihkan kotoran pada gigi pasien atau menjadi penata rambut di salon.

9. Mukbang

Mukbang termasuk kedalam jenis ASMR karena suara yang dihasilkan dari mukbang yaitu berupa suara kunyahan makanan juga tegukan dari minuman yang memberikan feel tersendiri bagi para penggemarnya.

Bagaimana, sudah jelaskan kan bahwa ada banyak kategori ASMR? Jadi, kamu termasuk diantara golongan yang telah disebutkan diatas atau tidak nih? (Penulis: Anolia Rahmadhanty).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel