Hindari Mencongkel Telinga Bagian Dalam saat Membersihkannya

Teknokra.id - Mencongkel telinga bagian dalam menggunakan cotton bud sangat biasa orang lakukan. Namun, tahukah kamu bahwa hal tersebut berbahaya jika sering dilakukan?

Faktanya, di dalam telinga memiliki mekanisme kerja untuk membersihkan dirinya sendiri secara alamiah. Jadi, tidak perlu kita menggunakan cotton bud untuk mencongkel hingga ke dalam.
Hindari Mencongkel Telinga Bagian Dalam saat Membersihkannya
Membersihkan telinga bagian dalam memang nikmat rasanya menggunakan cotton bud. Akan tetapi, tanpa sadar kita telah mendorong kotoran telinga semakin ke dalam dan malah membahayakan organ dalam telinga. 

Berhati-hatilah ketika menggunakan cotton bud, karena sering sekali kapas dari cotton bud tersebut menyangkut di dalam telinga. Jika hal tersebut terjadi, tentu saja akan sangat sulit untuk mengeluarkannya dan akan membuat telingamu bermasalah.

Keseringan mencongkel telinga bagian dalam dapat menyebabkan cairan keluar dari dalam telinga yang bisa membuat gatal dan malah berkerak di bagian luar telinga. Tidak hanya itu, tetapi juga bisa menyebabkan dengung, budek sementara, infeksi, bahkan merusak pendengaran telinga.

Gunakanlah cotton bud hanya untuk membersihkan telinga bagian luar saja. Berikut cara-cara membersihkan telinga bagian dalam tanpa mencongkelnya.
  1. Apabila telinga bagian dalam terasa gatal, pijit secara perlahan belakang daun telinga dengan jempol.
  2. Bisa gunakan air hangat bersih, masukkan ke dalam telinga lalu keluarkan air tersebut dengan cara memiringkan kepala. Lalu, keringkan telinga dengan handuk bersih.
  3. Gunakan kapas wajah dan minyak zaitun untuk membersihkan telinga bagian luar.
Itulah tadi 3 tips membersihkan telinga bagian dalam dengan baik dan tidak berisiko bahaya seperti halnya menggunakan cotton bud (Penulis: Shaffa Riyadhul Jannah. M).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel