Perlengkapan Merajut yang Perlu Kamu Tahu

Teknokra.id - Hai sahabat Teknokra! Jika pada artikel sebelumnya membahas mengenai macam benang rajut, maka kali ini Teknokra.id akan membagikan informasi mengenai peralatan apa aja sih yang digunakan untuk merajut?

Dalam merajut, kamu memerlukan beberapa peralatan rajut. Peralatan ini biasanya bisa dibeli secara sepaket. Selain itu, peralatan dalam merajut memiliki fungsinya masing-masing loh!

Perlengkapan Merajut yang Perlu Kamu Tahu

Langsung saja yuk! Berikut adalah beberapa perlengkapan yang digunakan untuk merajut.

1. Hakpen (Jarum Rajut)/ Hook

Hakpen adalah alat yang paling utama dalam merajut. Hakpen berbentuk seperti pengait yang nantinya digunakan untuk mengaitkan benang dan menariknya. Selain itu, hakpen bisa terbuat dari bambu, besi ataupun aluminium. Hakpen mempunyai ukuran yang beragam. Oleh sebab itu, kamu perlu tahu ukuran mana yang cocok untuk kamu gunakan.
  • Hakpen uk. 2/0-3/0 dipakai untuk katun rayon dan katun akrilik uk. 10.
  • Hakpen uk. 4/0-5/0 dipakai untuk katun uk. 20.
  • Hakpen uk. 6/0-7/0 dipakai untuk soft cotton.
  • Hakpen uk. 7/0-8/0 dipakai untuk wol katun tebal.
  • Hakpen uk. 8, 9, 10 dipakai untuk nilon uk. 9 dan 10.
  • Hakpen uk. 11, 12 dipakai untuk nilon uk. 11 dan 12.

2. Benang Rajut

Perlengkapan yang selanjutnya adalah benang rajut. Yups, bagaimana cara merajut jika tidak ada benang? Seperti pada artikel sebelumnya, benang terdiri dari beragam jenis. Jadi, kamu bisa memilihnya sesuai kebutuhanmu ya.

3. Jarum Jahit/Jarum Sulam

Jarum jahit yang digunakan adalah jarum jahit dengan lubang yang besar. Kenapa? Karena benang rajut memiliki ukuran yang beragam, sehingga ukuran lubang jarum jahit sangat memudahkan untuk dimasuki benang. Jarum ini dipakai untuk menyambung dan membuat simpul mati pada rajutan. Jarum jahit ini bisa terbuat dari besi, stainless, dan juga plastik. Jarum ini juga bisa kamu pakai untuk menyembunyikan sisa benang yang sudah tidak mungkin untuk dipotong lagi ke dalam sela-sela rajutan.

4. Gunting

Seperti pada umumnya, gunting dipakai untuk memotong benang. Gunting yang digunakan pun haruslah tajam agar tidak merusak benang. Siapkan gunting khusus untuk kamu merajut ya!

5. Penanda (Stitch Marker)

Alat ini sangat penting dalam merajut barang yang perlu hitungan, seperti kardigan, baju bayi, sweater, syal, dan lainnya. Stitch marker bisa menggunakan apa saja ya. Bahkan, peniti pun bisa kamu gunakan untuk penanda.

6. Penggaris atau Meteran

Alat pengukur ini berfungsi untuk mengukur barang yang kamu buat agar bisa digunakan semestinya. Misalnya ketika kamu membuat pakaian, maka harua menggunakan alat pengukur agar ukurannya pas dan pakaian bisa kamu gunakan dengan baik.

Nah, itulah beberapa perlengkapan untuk merajut. Bagaimana? Apakah kamu tertaik untuk merajut? (Penulis: Dwindy Monica).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel