5 Alasan Jakarta Diprediksi akan Tenggelam

Teknokra.id - Seorang peneliti iklim lokal Irfan Pulungan, khawatir seluruh udara akan meningkat beberpa derajat dan permukaan laut akan meninggi hingga tahun yang akan datang. Hal tersebut menjadi malapetaka bagi warga padat penduduk, yaitu ibukota Jakarta. 

Oleh sebab itu, kita sering kali mendengar desas-desus bahwa Jakarta akan tenggelam. Lalu, tahukah kamu alasan mengapa Jakarta diprediksi akan tenggelam? 

5 Alasan Jakarta Diprediksi akan Tenggelam

Nah, berikut adalah alasannya.

1. Galian sumur ilegal

Pembangunan yang tak terkendali serta perencanaan yang matang menjadi faktornya. Beban bangunan jelas tidak mendukung untuk tanah Jakarta.

2. Ledeng tanah berkurang

Pada tahun 2020 penduduk Jakarta kekurangan akses air ledeng. Oleh karena itu, tidak heran jika proses ekstraksi air tanah menjadi cepat. Kemudian, ada beban bangunan yang berat dan memicu permukaan berpindah dan tenggelam.

3. Penurunan permukaan tanah 

Di jakarta Utara telah tenggelam sekitar 2.5 meter selama 10 tahun. Sementara itu, setiap tahunnya Mengalami penurunan permukaan mencapai 25 cm. 

4. Pengambilan air tanah secara berlebihan 

Hal ini juga penyebab turunnya permukaan tanah di Jakarta. Hal ini disebabkan karena sekitar 80-90% penyebab paling menonjol yaitu pengambilan air tanah secara berlebihan.

5. Pesatnya perkembangan 

Menjadi alasan mengapa Jakarta akan cepat tenggelam adalah bangunan beton yang berdiri di Jakarta. Hal ini juga diakibatkan pengelolaan tata kota yang buruk.

Nah, jadi gimana? Kamu sudah mengerti kan kenapa kota ini diprediksi akan tenggelam? (Penulis: Farhan Al Hafaf).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel