Manfaat Mandi Air Dingin

Teknokra.id - Kalian lebih suka mandi air hangat atau air dingin nih? Sebagian dari kalian pasti takut kan untuk mandi air dingin, karena berpikir bahwa mandi air dingin buruk bagi kesehatan? Eitss, jangan salah! Mandi dengan air dingin justru cukup menyegarkan bagi kebanyakan orang. 

Sering kali mandi air dingin dilakukan pada pagi hari sehabis bangun dari tidur untuk menyegarkan badan. Bukan hanya menyegarkan badan, ternyata mandi dengan air dingin juga memberikan beberapa manfaat lainnya. 

Manfaat Mandi Air Dingin

Berikut Teknokra.id telah merangkum beberapa manfaat dari mandi air dingin.

1. Menghilangkan rasa kantuk

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, mandi air dingin dapat menyegarkan badan. Badan yang segar setelah mandi air dingin menyebabkan rasa kantuk hilang dalam sekejap. Rasa kantuk yang hilang disebabkan temperatur dingin yang ada pada air dingin memengaruhi suhu inti tubuh yang hangat sehingga berlawanan sekejap dengan suhu dingin, dengan begitu rasa kaget akan sedikit Anda rasakan ketika mandi air dingin. 

2. Meningkatkan sirkulasi darah

Ketika Anda mandi dengan air dingin, suhu dingin yang berasal dari air ketika terkena kulit atau badan dapat memengaruhi kinerja jantung menjadi lebih cepat. Akibat dari kinerja jantung yang lebih cepat, maka sirkulasi atau aliran darah yang beredar akan lebih cepat juga. Paparan suhu dingin dapat mengurangi peradangan darah yang ada sekaligus dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular.

3. Membuat kulit lebih sehat

Manfaat selanjutnya dari mandi air dingin adalah mampu membuat kulit lebih sehat. Ahli kesehatan Dr. Jacqueline Schaffer, MD., mengatakan bahwa air dingin mengencangkan dan membatasi aliran darah yang membuat kulit lebih sehat bercahaya. 

Efek air dingin berbeda dengan air panas jika terkena kulit. Jika air panas membuat kulit menjadi kering, berbeda dengan air dingin yang membuat kulit tetap licin dan kencang. Hal ini disebabkan karena air dingin tidak menghilangkan minyak alami pada kulit sehingga kulit tetap terasa sehat meskipun mandi dalam waktu yang lama.

4. Mengurangi nyeri otot setelah olahraga

Anda pernah melihat atlet olahraga yang berendam dengan air dingin setelah lama bertanding? Yap, itu bertujuan untuk memulihkan otot-otot yang tegang setelah menjalani aktvitas yang berat. Air dingin pada dasarnya memiliki sifat regeneratif sebagai bentuk pemulihan khususnya terhadap otot pada tubuh.

5. Membantu penurunan berat badan

Beberapa sel tubuh, seperti sel lemak cokelat, dapat menghasilkan panas dengan membakar lemak. Panas tersebut dihasilkan ketika sel tersebut terkena suhu dingin dari luar tubuh.

Nah, sekarang kalian sudah tahu bukan, apa saja manfaat-manfaat mandi air dingin? Kira-kira dari kalian ada yang sudah pernah mencoba mandi air dingin belum nih? (Penulis: Fauzan Muhammad Al Hazmi).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel