Kenali Ciri-Ciri Toxic Friends

Teknokra.id - Memiliki teman adalah hal yang menyenangkan untuk kita. Mereka bisa menjadi keluarga kedua yang memberikan support sosial pada kita. 

Tapi seorang teman juga manusia, mereka membuat kesalahan, dan itu normal. Tapi bagaimana jika kesalahan itu berulang dan merugikan kita? Namun mereka tidak melakukan apa-apa walaupun itu menyakiti perasaan kita. Hal ini lah yang disebut dengan toxic friends.

Kenali Ciri-Ciri Toxic Friends

Toxic friends adalah hubungan pertemanan yang merugikan satu sisi. Maka dari itu, mari kita kenali ciri-ciri dari toxic friends
 

1. Mereka tidak mau disalahkan atau “playing victim

Ego mereka sangat tinggi. Merasa bahwa hidupnya lah yang paling berat. Hal buruk apapun yang terjadi, dianggap disebabkan oleh teman-temannya bukan dirinya.

2. Kadang mereka (ada maunya) berpura-pura baik

Menyadari mereka sedang memanfaatkan kamu, maka mereka tidak mau kamu sadar akan hal ini dan berpura-pura baik untuk mengelabuimu.

3. Mereka merasa berkompetisi denganmu

Hal ini tidak dilakukaknnya secara terang-terangan. Namun, temanmu memiliki rasa iri terhadap pencapaianmu dan ingin menjatuhkanmu. Padahal kamu pun tidak memamerkannya pada mereka.

4. Mereka membuatmu malu atau insecure 

Perkataan mereka seakan-akan meremehkanmu. Menganggapmu hanya sebagai pelengkap saja. Setelah bertemu mereka, kamu akan pulang dengan rasa insecure dan tidak bahagia.

5. Kamu tidak bisa menjadi diri sendiri di depan mereka 

Ada rasa takut dihina ataupun di-judge oleh mereka. hal ini membuat kamu tidak lepas berada di sekitar mereka. Kamu merasa kamu harus mengikuti apa yang mereka inginkan.

Itulah beberapa hal yang merupakan ciri-ciri dari toxic friends. Jika kamu merasa sedang di posisi itu, maka segera tinggalkan circle pertemananmu. Atau jika disini kamu yang menjadi toxic friends itu sendiri, segera ubahlah pemikiranmu tentang pertemanan yang toxic itu (Penulis: Ruweisha).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel