Makna Logo dan Nama Meta dibalik beralihnya Facebook Inc ke Meta Inc

Teknokraid - Siapa yang tidak mengenal perusahan Facebook Inc milik Mark Zuckerberg, perusahaan raksaksa tersebut menaungi beberapa media sosial terkenal seperti Instagram, WhatsApp, Facebook, Messenger, dll.

Pada  Jumat (29/10/ 2021)  Twitter gempar dengan trending  #Meta. Meta merupakan nama baru dari perusahaan Facebook Inc yang digagas langsung oleh Zuck. Namun, bagi pengguna facebook jangan khawatir karena pergantian nama tersebut berlaku untuk perusahaan induk saja.
Makna Logo dan Nama Meta dibalik beralihnya Facebook Inc ke Meta Inc
Lalu bagaimana sih arti dari logo, nama Meta dan alasan Facebook Inc menggani nama menjadi Meta?

1. Arti logo Meta Inc


Logo baru perusahaan Meta berbentuk Infinity berwarna biru, infinty yang berarti tidak terhingga tersebut seolah menggambarkan perusahaan Meta Inc yang akan memfokuskan perusahaan pada teknologi Virtual Reality ( VR) dan Augmented Reality (AR). Uniknya dari teknologi VR dan AR tersebut dapat membuat seseorang berpergian ke kantor, konser, bertemu dengan teman tanpa harus datang secara langsung. Maka dari situ logo Meta berbentuk infinty menjadi penggambaran yang pas untuk tujuan perusahaan tersebut.

Jika dilihat lebih detail lagi, logo Meta berbentuk huruf  M yang berarti Meta. Agar tetap  meninggalkan kesan nama perusahaan sebelumnya logo Meta berwarna biru yang memiliki makna kepercayaan, kesetiaan dan ketulusan menjadi sombol bahwa Meta akan menjadi kepercayaan setiap manusia dalam berselancar di dunia maya. 

2. Nama Meta 


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Meta memiliki makna mengganas. Namun, dilihat dari bahasa Yunani berarti melebihi. Zuck mengartikan Meta sebagai tahapan selanjutnya bagi facebook, karena akan selalu ada yang dibangun dalam dunia ini. 

Zuck juga menyatakan bahwa kedepannya perusahaan Meta dikenal sebagai perusahaan Metaverse yang berarti kumpulan dari sebuah ruang virtual dimana semua orang bisa bersamaan tanpa bertemu secara langsung. Meta bertujuan untuk menjangkau semua manusia dengan menjadikan Meta sebagai platform sosial raksaksa. 

3. Alasan Facebook Inc berubah menjadi Meta


Nama Facebook dinilai tidak dapat menggambarkan visi dan misi baru dari Zuck untuk membuat sebuah perusahaan teknologi raksaksa. Dengan mengubah nama dari Facebook menjadi Meta, akan menggiring publik untuk memandang Meta menjadi masa depan pengguna internet saat ini. 
Pandemi menjadikan semua manusia terpaksa berada di depan komputer berjam- jam, Zuck berinisiatif bahwa memasuki dunia virtual dan menghubungkannya kesemua jenis lingkungan digital menjadi jawaban bagi semua permasalahan saat pandemi. 

Disisi lain, pergantian nama Facebook ini dikarenakan skandal kebocoran data. Hal tersebut membuat nama Facebook tercoreng dan memiliki reputasi yang jelek (Penulis: Dhea Putri Utami). 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel